Pemkot Kupang Berencana Berikan Subsidi Bagi Angkutan Umum Yang Beroprasi di Trayek Baru

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Untuk menghidupkan minat pemilik angkutan umum di Kota Kupang agar mau mengoperasikan angkutan milik mereka di beberapa rute trayek baru yang dibuka oleh dinas perhubungan, pemerintah Kota Kupang berencana memberikan subsidi kepada angkutan kota yang mau beroperasi di rute trayek itu.

“Setelah dibuka bertahun-tahun belum ada satupun angkutan umum yang mau beroperasi di trayek baru, maka pemerintah berencana memberikan subsidi bagi angkutan umum yang beroperasi di trayek baru yang telah dibuka,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Kupang, Bernadinus Mere kepada wartawan di Kupang, Senin (07/09/2020).

Bernadinus Mere mengatakan, pemerintah Kota Kupang lewat dinas perhubungan telah membuka trayek baru untuk dilalui angkutan umum di jalur Liliba, Naimata, Naioni, dan Belo. Namun sayangnya, sampai saat ini belum ada satupun pengusaha angkutan umum yang mengoperasikan kendaraannya untuk melewati trayek baru tersebut.



“Sedangkan jalur trayek yang lama, setiap bulannya ada saja kendaraan umum yang mendaftar untuk beroperasi,” kata Mere.

Oleh karena itu, kata Bernadinus Mere, pemerintah Kota Kupang merasa perlu memberikan subsidi kepada angkutan yang mau beroperasi di rute tersebut. Sesuai Rencana, anggaran untuk subsidi akan diusulkan dalam sidang anggaran murni tahun 2021.

“Anggaran yang rencana diusulkan ratusan juta rupiah, dan sesuai rencana, subsidi yang akan diberikan sebesar 4 juta rupiah pertahun bagi kendaraan umum yang mau beroperasi dirute baru tersebut,” Pungkas Mere. (NTT-YM)