Meski Batal Mendaftar, Paket Faham Temui Ribuan Massa Pendukung dan Menghimbau Jangan Golput

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Ribuan massa pendukung pasangan Yosef Falentinus Kebo – Agustinus Meol (Paket FAHAM) dalam Pilkada Timor Tengah Utara (TTU) tetap berkumpul di Posko FAHAM yang beralamat di Strat A KM 1 Kefamenanu.

Meskipun paket FAHAM batal mendaftar di KPU, ribuan pendukungnya sejak Minggu (06/09/2020) pagi tetap berkumpul menunggu paslon jagoan mereka hingga memasuki batas waktu penutupan pendaftaran di KPU.

Yosef Falentinus Kebo yang tiba di Posko FAHAM pada pukul 23.40 wita langsung disambut haru oleh pendukungnya.

Pantauan NTTOnlinenow.com, seluruh pendukung berbaris di jalan umum depan Posko FAHAM. Sebagian tahu, paslonnya batal mendaftar, sebagian masih bertanya – tanya satu dengan yang lain.

“Tetap semangat, No Falen. Kami tetap bersama No sampai kapanpun,” teriak beberapa pemuda sambil berebut mendekati sosok tenang Falentinus Kebo. Para orang tua yang datang dari desa menangis histeris memeluk Falentinus sementara yang lain berdesakan menembus masuk posko untuk bersalaman dengan sosok tenang yang akrab disapa No Falen.

Tanda tanya, Kekesalan, kegalauan, kegelisahan massa pendukung terjawab saat No Falen dengan tenang menjelaskan duduk permasalahan yang dialami hingga batal mendaftar.

Kekesalan massa pendukung akhirnya ditunjukkan dengan menolak mengikuti Pilkada dan memilih Golput, lantaran jagoan mereka tertunda maju di Pilkada tahun ini. Namun sikap itu ditolak Falentinus.

Dengan tenang, ia mengisahkan perjuangannya hingga hari terakhir pendaftaran.

“Segala perjuangan selalu saja ada tantangan, kita harus menghargai proses ini. No secara pribadi berterimakasih sebanyak – banyaknya kepada bapak, mama semua, keluarga besar, teman – teman yang tetap setia menunggu No hingga detik ini, walaupun harus ada yang menerima caci maki, hinaan, fitnah dan bully. Semua ini ada hikmahnya, kegagalan bukan akhir dari segalanya. Kita harus berbesar hati, keadaan ini tidak menyurutkan niat kita untuk terus membangun TTU.
Kalau tidak sekarang dan Jika Tuhan berkenan, masih ada waktu ke depan dan saya pasti lebih siap dari sekarang. Kita semua mendapat pelajaran berharga dari proses ini”, kata Falentinus.

Tatap muka Falentinus Kebo dan massa pendukung di Posko FAHAM, Kefamenanu. Minggu (06/09/2020).

Ia juga menenangkan pendukungnya yang menyatakan kekecewaan dan memilih golput.



“Kami sepakat Golput, pilih orang lain untuk apa, TTU tidak pernah maju – maju”, diikuti teriakan massa lainnya.

Menanggapi keputusan yang diambil pendukungnya, Falentinus langsung merespon dengan memberi pencerahan politik dan meminta masyarakat untuk tetap menggunakan hak pilihnya.

Menurut Falentinus, golput bukan solusi dalam menghadapi situasi yang sedang terjadi.

“Realitanya harus kita pilih, tidak bisa memilih golput sebagai bagian dari solusi. Karena ada beberapa pilihan yang disodorkan dalam pilkada ini. Jadi apapun yang kita hadapi, kita harus memilih, cari yang terbaik. Masa depan ada di tangan rakyat, jangan ada yang golput”, kata Falentinus.

Lanjutnya, “Sekarang ini ada tiga paket yang akan maju, silahkan bapak, mama, kakak adik, teman – teman dan pendukung dan simpatisan Faham tentukan pilihan dengan bijak. Ingat, tidak boleh golput. Jangan abaikan hak memilih sebagai seorang warga negara. Pada momen inilah nasib kabupaten TTU lima tahun ke depan dipertaruhkan”, pinta Falentinus.

“Kalau begitu, kami dengar saja, No suruh pilih yang mana kami semua ikut”, teriak massa di tenda samping Posko FAHAM.

Keraguan massa pendukung untuk memilih paslon pun dinilai tidak bijak oleh Falentinus. Ia tetap meyakinkan pendukungnya bahwa tiga paslon yang sudah mendaftar dan sah diterima KPU adalah paslon – paslon yang berkualitas.

“No Falen tidak bisa mengintervensi seluruh pendukung untuk memilih sesuai arahan No Falen diantara ketiga paslon yang maju bertarung. No Falen tidak mengenal mereka secara pribadi dan tidak terlalu tahu tentang para paslon. Masyarakat lebih mengenal mereka. Tetapi No Falen yakin mereka semua adalah paslon terbaik, tinggal masyarakat memilih”, jawabnya kepada para pendukung.

Pantauan media, hingga Senin (07/09/2020) subuh, massa masih terus berdatangan ke posko FAHAM. Usai bertatap muka dengan ribuan massa pendukungnya, Yosef Falentinus Kebo yang baru tiba dari Kupang langsung menuju ke desa Wini kecamatan Insana Utara menemui massa pendukung lain yang tetap merindukan kedatangannya.

Untuk diketahui, tiga paket yang telah mendaftar secara resmi dan sah diterima KPUD TTU untuk maju bertarung dalam Pilkada TTU 2020, diantaranya Paket FRESH pasangan Hendrikus Frengkianus Saunoah – Amandus Nahas, Paket KITA SEHATI, Kristiana Muki – Yosef Tanu dan Paket DESA SEJAHTERA, Djuandi David – Eusabius Binsasi.