Dugaan Mau Diselundupkan ke Timor Leste, Unit Buser Polres Belu Amankan Rokok dan Ayam Taji di Pantai Pasir Putih

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Unit Buser Satuan Reskrim Polres Belu berhasil gagalkan upaya penyelundupan rokok, tembakau shag dan ayam taji di sekitar pantai pasir putih, Atapupu, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Minggu (23/8/2020).

Diduga kuat sejumlah dos rokok, karung berisi tembakau shag dan ayam taji hendak diselundupkan ke wilayah Negara Timor Leste melalui jalur perairan Atapupu berbatasan langsung dengan eks provinsi ke-27 Timor-Timur (Timor Leste).

Informasi yang berhasil dihimpun media, barang bukti sebanyak 60 dos rokok surya, tiga karung tembakau shag dan 25 ekor ayam taji diamankan unit Buser di dusun pasir putih, Desa Kenebibi, RT 012/RW 003 sekira pukul 18.00 Wita.

Diketahui, penggagalan sekaligus pengamanan barang bukti tersebut dipimpin langsung oleh Kanit Buser Aiptu Filimeno Soares.Selain amankan barang bukti Polisi juga amankan seorang warga diduga terlibat kepemilikan barang.

Pantauan media di Polres Belu sekira pukul 20.41 Wita, barang bukti 60 dos rokok jenis surya, tiga karung isi tembakau shag dan ayam taji diangkut menggunakan kendaraan truk Dalmas Polres Belu dikawal unit Buser dan unit Intelkam.



Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh membenarkan, dengan hasil penggagalan malam ini dalam rangka operasi lintas batas yamg telah digelar kurang lebih sepuluh hari oleh jajaran Polda NTT. Dan ini bersinergi dengan Satgas Pamtas di perbatasan.

“Malam ini kita mendapat hasil, mengamankan satu orang diduga pelaku dengan membawa atau menyimpan barang-barang yang diduga akan diselundupkan ke luar Indonesia. Diantaranya ada ayam, rokok dan tembakau,” terang dia.

Sementara itu, Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif RK 744/SYB, Letkol Inf. Alfat D. Adrian mengatakan, memang ini adalah hasil kerjasama orang-orang kita dilapangan baik Satgas dan jajaran Polres Belu.

“Kita memang sudah lama mengintai ditempat-tempat yang terindikasi untuk terlaksanya aksi illegal, sehingga malam ini ada hasil,” ungkap dia.

Untuk diketahui, barang bukti 60 dos rokok jenis surya, karung tembaku shag dan ayam taji langsung diamankan di ruangan kantor Satreskrim Polres Belu guna proses lebih lanjut.