Bupati Mabar Ingatkan Kadis LHK Mabar Agar Serius Tangani Sampah

Bagikan Artikel ini

Laporan Alvaro S.Marthin
Labuan Bajo, NTTOnlinenow.com – Masih buruknya penanganan sampah di daerah Destinasi Super Premium Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara timur (NTT) saat ini membuat Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch Dula geram dengan pihak terkait, dalam hal ini dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Mabar.

Bupati Dula akhirnya mengingatkan Kepala Dinas LHK Mabar, Paulinus Panggul agar serius menangani masalah sampah di daerah itu. Apalagi Pemerintah Pusat terus memberikan perhatian khusus terhadap pembangunan di daerah super prioritas itu dengan berbagai jenis bantuan, salah satunya adalah sarana kebersihan berupa Excavator khusus pengangkut sampah yang diserahkan oleh Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat melalui Satker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah III Provinsi Nusa Tenggara Timur di Labuan Bajo, Rabu (12/8/2020).

Dalam sambutannya, Bupati Agustinus Ch Dula secara khusus mengingatkan kepada pihak terkait dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Mabar agar serius menangani masalah sampah di daerah.

“Pak kadis, Saya ingatkan ya, ada staf yang tidak beres, bosan menegur, over ke Bupati. Karena kita membutuhkan kota yang bersih. Dan termasuk pencacah sampah juga difungsikan. Atur tenaga kerjanya dengan baik. Saya sangat kecewa kalau semua itu tidak difungsikan dengan baik,” pinta Dula.

Dia menegaskan, Kepala dinas merupakan perpanjangan tangan dari kepala Daerah dalam hal ini Bupati. Karenanya, apabila ada pegawai yang tidak menjalankan tugasnya dengan baik, harus segera diganti.



“Ada pegawai yang tidak menjalankan tugasnya dengan baik harus segera diganti, termasuk Kabid-kabidnya agar pembangunan berjalan baik,” tegas Bupati Dula.

Bupati dua periode itu berharap agar pihak terkait benar-benar menunjukan kinerja kerjanya yang baik agar Manggarai Barat kedepannya semakin menarik minat para wisatawan untuk berkunjung ke daerah destinasi super prioritas itu.

Seremonial serah terima Pengelolaan Alat Berat (Excavator) tersebut juga dihadiri oleh wakil Bupati Manggarai Barat, drh. Maria Geong, PhD bersama sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemkab Mabar.

Acara ditutup dengan pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Maria Geong. Namun sebelumnya, Wabup Maria Geong menyampaikan terima kasih pula kepada Pemerintah Pusat atas bantuan peralatan tersebut, termasuk bantuan-bantuan lain sebelumnya.

Dia juga berharap agar keberadaan alat Excavator pengangkut sampah ini mampu memberikan yang terbaik bagi kebersihan kota Labuan Bajo dan sekitarnya sebagai daerah destinasi super premium.