Sekian Lama Vakum, KNPI Belu Segera Dibentuk Kembali

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Setelah sekian lama vakum sejak 2013 silam, kepengurusan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Belu akan segera dibentuk kembali.

Hal itu dikemukakan Ketua DPD KNPI provinsi NTT, Hermnaus Thomas Boko saat berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Belu, Ferdinandus Bone Lau, Selasa (11/08/2020).

Menurut Hermanus Boko, pertemuan tersebut menjelaskan bahwa kunjungan hari ini dilakukan untuk bersilaturahmi dengan Pemerintah Kabupaten Belu baik dengan Bupati Belu sebagai pembina organisasi Kepemudaan di Belu maupun dengan Kadispora sebagai Kepala Dinas yang secara teknis menangani urusan pemuda dan olahraga.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pak Bupati Belu atas penerimaan dan sambutan yang cukup hangat dan luar biasa serta memberi dukungan yang cukup untuk keberadaan dan keberlangsungan KNPI Belu. Juga Pak Kadispora telah menyatakan sikap siap bergandengan tangan dengan KNPI Belu,” pungkasnya.

Dijelaskan, KNPI sendiri merupakan sebuah organisasi kepemudaan yang ada di Indonesia dimana sebagai wadah berhimpun Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) yang bersifat terbuka dan independen.

Lanjut Boko, tujuan kunjungan ke Dispora Belu ini untuk berkoordinasi akan pembentukan kepengurusan defenitif dari KNPI Belu yang sudah sejak beberapa tahun lalu vakum.

“Ini juga kerinduan beliau Kepala Dinas untuk bagaimana KNPI tetap hadir, eksis dan memberi kontribusi bagi pengembangan dunia Kepemudaan di Kabupaten Belu,” ujar dia kepada awak media usai giat.

Masih menurut Boko, maksud dan tujuan KNPI Provinsi NTT kunjungan ke Kabupaten Belu adalah menyampaikan soal pergumupulan orang-orang muda berkaitan dengan hadirnya sebuah wadah berhimpun yang sudah lama vakum dan tidak aktif.

Dikatakan bahwa, dirinya berjanji akan berusaha secara maksimal untuk mengaktifkan kepengurusan KNPI di Belu sehingga bisa menjembatani segala kepentingan orang muda di Belu dalam representasi organisasi.



“Barusan saya selesai dengan pak Kadis untuk minta arahan sekaligus melaporkan kondisi KNPI yang akan segera didefinitifkan di Kabupaten Belu,” terang Boko.

“Sebagai mitra pemerintah tentunya KNPI akan berkolaborasi bersama dalam bergandengan tangan membangun orang-orang muda dan dunia Kepemudaan di Kabupaten Belu,” tambah Ketua KNPI NTT itu.

Kepala Dispora Belu, Ferdinandus Bone Lau mengatakan, kedatangan badan pengurus DPD KNPI provinsi NTT untuk koordinasi terkait dengan pembentukan kembali KNPI Belu.

Ditututrkan,DPD KNPI Belu sebelumnya pernah eksis di Kabupaten Belu perbatasan Indonesia dengan Timor Leste. Hanya saja sejak pemekaran Kabupaten Belu pada 2013 silam telah menjadi vakum hingga kini.

“Sehingga sejak saya dilantik Januari 2020 sebagai Kadis pemuda dan olahraga, saya tanya kepada teman-teman terkait keberadaan KNPI Belu yang ternyata sudah lama vakum,” ujar Edy.

Lanjut mantan Kepala BNNK Belu itu, vacumnya KNPI membuat kerinduan tersendiri khususnya Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Belu untuk kembali terbentuknya kepengurusan defenitif KNPI Belu namun sempat dihalangi oleh pandemi covid-19.

“Penantian itu terjawab, puji Tuhan hari ini pengurus DPD KNPI provinsi NTT untuk menyampaikan supaya bagaimana KNPI Belu itu bisa eksis kembali,” ungkap dia.

“Terima kasih kepada DPD KNPI NTT karena kerinduan telah terjawab. Dengan demikian orang-orang muda punya wadah untuk menghimpun mereka sehingga semua kegiatan- kegiatan kepemudaan itu kita bisa bekerja sama dengan DPD KNPI Belu,” sambung Bone.