Manggarai Kembali Ke Zona Merah, Dua Pelaku Perjalanan dari Makasar Terkonfirmasi Positif Covid-19

Bagikan Artikel ini

Laporan Alvaro S.Marthin
Ruteng, NTTOnlinow.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, NTT kembali merilis 2 (Dua) Orang Warga Manggarai, Pelaku Perjalanan dari Wilayah Makasar, Propinsi Sulawesi Selatan terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala.

Kedua Pelaku perjalanan itu dinyatakan terkonfirmasi positif Covid 19 tanpa Gejala, berdasarkan hasil pemeriksaan Laboratorium Biologi Molekuler, Instalasi Patologi Klinik RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang terhadap 14 (Empat Belas) sampel swab yang dikirim Tim Gugus Tugas percepatan penanganan C19 Kabupaten Manggarai pada, 06 Agustus 2020 melalui Bandara Komodo Labuan Bajo, kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan C-19, Lodovikus D. Moa, dalam press rilis yang diterima Media ini, Selasa (11/8/2020) pukul 18.00 Wita.

Berikut rincian kedua sampel Swab hasil pemeriksaan RT PCR yang terkonfirmasi Positif C19 tanpa gejala tersebut, diantaranya:

1. Pelaku perjalanan berinisial PT (26), Laki-laki, status menikah. Beralamat di Kampung Pau, Desa Bangka Ajang, Kecamatan Rahong Utara Kabupaten Manggarai.

2. Pelaku perjalanan berinisial GE (29), Laki-Laki, status menikah. Beralamat di Kampung Keker, Desa Compang Cibal, Kecamatan Cibal Barat.

Lebih lanjut, Moa menjelaskan, sampai hari ini, Selasa, 11 Agustus 2020, Tim Gugus Tugas C19 Manggarai, masih menunggu hasil pemeriksaan terhadap 5 (Lima) Sampel Swab dari Kupang yang belum diperiksa.

Dari total 14 (Empat Belas) sampel Swab yang telah dikirim, 9 (Sembilan) Sampel Swab diantaranya telah diperiksa dan diterima hasilnya oleh Tim Gugus Tugas C19 Kabupaten Manggarai, dimana 2 (Dua) dari 9 (sembilan) sampel Swab hasil Pemeriksaan RT PCR sudah terkonfirmasi positif covid 19 Tanpa Gejala.

Sejak awal kedatangan di Kabupaten Manggarai, Kedua pelaku perjalanan yang terkonfirmasi Positif C19 tanpa gejala tersebut (PT dan GE) telah menjalani proses karantina mandiri di rumah dan pihak keluarga menyanggupinya dengan menyediakan kamar khusus.

Tim Gugus Tugas C19 Manggarai, melakukan pemeriksaan Rapid Test terhadap keduanya dan Hasilnya Reaktif.



Pelaku perjalanan berinisial GE langsung di isolasi di Wisma Atlet Golodukal Ruteng sambil menunggu hasil pemeriksaan Laboratorium RT PCR.

Sedangkan, PT di isolasi secara mandiri di rumah keluarganya di Kampung Pau, Desa Bangka Ajang Kecamatan Rahong utara dibawah pengawasan dan pemantaun keluarga serta Tim Gugus Tugas C19 Kabupaten.Manggarai.

Namun saat ini, Keduanya (PT dan GE) telah dikarantina di Wisma Atlet Golodukal Ruteng.

Lanjut Moa, hari ini, Selasa, 11 Agustus 2020, Tim Gugus Tugas C19 Kabupaten Manggarai telah melakukan Rapid Test terhadap 7 (Tujuh) orang keluarga dekat dari PT dengan hasil non reaktif, sedangkan untuk keluarga GE, baru akan dilakukan rapid test beberapa hari kedepan.

Tim Gugus Tugas C19 Kabupaten Manggarai tetap melakukan pemantauan serta pengawasan sesuai dengan standar prosedur penanganan C19 dan melakukan tracing (melacak) riwayat dengan siapa-siapa saja Kedua Pelaku Perjalanan yang reaktif Rapid test dan terkonfirmasi Positif C19 tanpa gejala, pernah melakukan kontak/interaksi sosial, baik fisik maupun perjalanan.

Pemkab Manggarai, melalui Gugus Tugas percepatan Penanganan C19, menekankan kepada seluruh masyarakat untuk wajib melaporkan setiap warga pelaku perjalanan yang datang dari daerah terpapar C19 di Wilayahnya, kepada Tim Gugus Tugas C19 Manggarai.

Setiap Warga Manggarai diminta untuk semakin tertib dan patuhi setiap protokol kesehatan perlindungan diri minimum, seperti selalu menggunakan masker di manapun berada, membatasi aktivitas fisik di luar rumah, menghindari kerumunan, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan makan-makanan bergizi.

Pemkab Manggarai juga terus melakukan berbagai upaya yang terukur untuk mengendalikan penyebaran C19 agar tidak semakin meluas.

Tim Gugus Tugas C19, akan melakukan Rapid Test dan pengambilan Swab kepada setiap orang yang sudah melakukan kontak dengan kedua Pelaku perjalanan yg sudah Terkonfirmasi Positif C19.

Rapid Test dan Pengambilan sampel Swab dijadwalkan satu atau dua minggu ke depan, serta diharapkan kerjasama dari semua pihak, terutama setiap orang yang memiliki riwayat kontak dengan keduanya (PT dan GE) terhitung sejak, 24 Juni 2020 untuk memberikan informasi atau melaporkan diri kepada Tim Gugus Tugas C19 Kabupaten Manggarai.