IKBSK Belu Gelar Baksos Peduli Lingkungan dan Sesama

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Ikatan Keluarga Besar Suku Kemak (IKBSK) menggelar kegiatan bhakti sosial (Baksos) di dua tempat, Desa Kenebibi dan Leosama, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL, Sabtu (8/8/2020).

Kegiatan baksos wujud peduli lingkungan dan terhadap sesama sekaligus kepedulian Covid-19 terpusat di dua Desa yakni, Desa Kenebibi dan Leosama dalam wilayah Kecamatan Kakuluk Mesak.

Baksos meliputi penanaman anakan mangrove dan pembagian sembako di pantai Atapupu Desa Kenebibi serta pembagian sembako bagi warga kurang mampu di dusun Fatuatis, Desa Leosama.

Vinsen Mau selaku Ketua IKBSK mengatakan, kegiatan baksos yang dilakukan sebagai bentuk peduli lingkungan demi kelestarian pantai, juga peduli terhadap sesama yang kurang mampu dalam situasi pendemi Covid-19.

“Dalam baksos tadi kita tanam mangrove sebanyak 250 pohon. Selain itu pembagian paket sembako untuk 86 warga lansia yang janda dan dua di Desa Kenebibi serta Leosama,” terang dia.



Dijelaskan, aksi yang dilakukan IKBSK ini bisa memotivasi warga masyarakat untuk peduli terhadap kelestarian lingkungan, khususnya abrasi pantai yang membuat garis pantai makin sempit. Selain itu peduli terhadap sesama yang kurang mampu

Vinsen berharap, mangrove yang telah ditanam tetap dirawat, dijaga warga. Sehingga pada musim sekarang ini tingkat keberhasilan tumbuh bisa mencapai 50%, sehingga pantai terjaga dari abrasi air laut.

“Selesai kegiatan di Desa Kenebibi, lanjut pembagian sembako 41 paket bagi warga lansia di dusun Fatuatis, Desa Leosama wujud peduli sesama dan aksi peduli Covid,” tambah Vinsen.

Kegiatan baksos melibatkan 11 suku Kemak yang berada di Belu. Turut hadir dalam aksi penanaman mangrove, Wakil Bupati Belu, J. T Ose Luan serta Pejabat OPD Belu keturunan Kemak. Baksos ini sudah yang ketiga kalinya dilakukan oleh IKBSK. Dimana aksi sebelumnya melakukan penanaman anakan pinang di Desa Umaklaran.

Untuk diketahui, IKBSK di Belu dibentuk sejak tanggal 9 Februari 2019 silam di teluk gurita yang dimotori oleh Marianus Mau Kuru selaku Kepala BKKBN Provinsi NTT. Saat ini 11 suku Kemak di Belu tergabung dalam IKBSK.