Kristo Dilantik Jadi Anggota DPRD Belu Hasil PAW

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Belu melantik Kristoforus Rin Duka sebagai Anggota DPRD Belu Pergantian Antar Waktu (PAW) masa jabatan 2019-2024, Jumat (7/8/2020).

Kristo Duka dilantik jadi Anggota DPRD Belu Fraksi Partai Demokrat menggantikan Mauk Martinus yang meninggal dunia beberapa waktu lalu berlangsung dalam Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kabupaten Belu PAW di ruang sidang DPRD Belu.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Belu, Jeremias Manek Seran Jr didampingi Wakil Ketua I DPRD Belu, Yohanes Jefry Nahak. Dihadiri Bupati Belu, Willybrodus Lay, Wakil Bupati Belu, J. T Ose Luan, Anggota Dewan, Pimpinan OPD serta tamu undangan.

Menurut Ketua DPRD Belu, Jeremias Manek Seran, peristiwa paripurna hari ini adalah bagian dari proses demokrasi yang harus dialalui sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Momentum hari ini memberikan makna tersendiri bagi masyarakat dan pemerinah Kabupaten Belu,” ujar dia dalam sambutannya.

Mantan Wakil Ketua I DPRD Belu itu mengajak Anggota DPRD Belu Kristo Rin Duka untuk dapat mengemban tugas sebagai wakil rakyat yang mampu menjalankan tugasnya serta menjalin kemitran dengan semua pihak.

Lanjut dia, dapat mengemban tugas dengan keberpihakan anggaran untuk rakyat dalam fungsi budgeting dan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan dan pembangunan dalam fungsi kontrol oleh DPR sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah dalam bingkai kemitraan bersama Bupati Belu bersama seluruh jajaran Pemkab Belu.

Diharapkan, Kristo Rin Duka dapat menciptakan hubungan yang harmonis demokratis dalam lembaga terhormat ini serta kemitraan dengan pemerintahan dan seluruh komponen masyarakat Rai Belu.



Junior Manek juga mengajak, agar berpolitik secara santun karena sebagai politisi perbedaan pandangan dan sikap politik seluas dan setajam apapun adalah lumrah dan wajar, namun etika dan norma politik serta semangat persaudaraan dan kebersamaan di antara kita harus tetap terjaga dengan baik. Jadikan ruang diskusi dan pertarungan gagasan besar untuk membangun Rai Belu sebagai ukuran kualitas kita dalam berpolitik di lembaga terhormat.

Dikatakan, sebagai wakil rakyat wajib menempatkan aspirasi dan kepentingan rakyat kabupaten Belu sebagai simpul yang mempersatukan dan puncak perjuangan dalam waktu empat tahun ke depan.

Sebab, jelas Junior Manek keberadaan kita di gedung dewan yang terhormat ini atas dukungan suara rakyat. Oleh karenanya kerja keras dan pengabdian kita adalah prioritas utama yang menjadikan ekspektasi seluruh komponen masyarakat demi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Belu.

Kesempatan itu, Bupati Belu, Willybrodus Lay mengatakan bahwa dilantiknya Kristoforus sebagai Anggota DPRD Belu PAW merupakan amanat yang diterima dari Tuhan dan rakyat. Karena itu, jaga amanat dan kepercayaan yang telah diberikan rakyat.

Dituturkan bahwa, acara ini merupakan anugerah dari Tuhan dan kepercayaan dari rakyat yang harus dijaga. Dirinya yakin Kristo sebagai anggota DPR PAW adalah orang pilihan rakyat yang dipercayai mampu menjembatani aspirasi rakyat.

“Gunakan kepercayaan yang diberi rakyat untuk memperjuangkan kepentingan rakyat,” pinta Lay yang juga sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Belu itu.

Lanjut Bupati Belu, Pemerintah dan masyarakat juga menyampaikan terima kasih dan pengghargaan yang setinggi-tingginya kepada Almahrum Mauk Martinus yang telah mendedikasikan dirinya selama tujuh bulan sebagai anggota DPR Belu.

“Mari kita tetap menjaga keharmonisan dan hubungan serta persahabatan guna bersama membangun Belu,” pinta dia akhiri sambutannya.