Kota Kupang Dapat DID Dari Pemerintah Pusat Sebesar Rp11,9 Miliar

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Walikota Kupang Jefri Riwu Kore mengatakan, kota Kupang kembali mendapatkan dana insentif daerah (DID) dari Pemerintah Pusat lewat Kementerian Keuangan sebesar Rp.11,9 miliar di tahun 2020 ini.

” Kita kembali mendapat DID dari pemerintah pusat ditahun 2020 ini,” kata Jefri Riwu Kore.

Jefri Riwu Kore menjelaskan, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan nomor 87 tahun 2020, tentang pengelolaan dana insentif daerah tambahan Tahun Anggaran 2020. Pada pasal 8 disebutkan bahwa kriteria utama sebagai penentu kelayakan suatu daerah untuk mendapatkan dana insentif daerah tambahan yaitu Pemerintah Daerah yang telah menyampaikan laporan penyesuaian APBD tahun anggaran 2020 yang telah sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan mengenai pengelolaan transfer ke daerah tahun 2020 dalam rangka penanganan pandemi covid 19 dan atau mengancam perekonomian secara nasional.



Selain itu, kata Jefri, pemerintah kota Kupang juga telah menyampaikan laporan kinerja bidang kesehatan untuk pencegahan dan penanganan covid 19 download laporan bantuan sosial kepada masyarakat atau bantuan ekonomi kepada masyarakat terdampak covid 19.

Menurutnya, dana insentif daerah ini akan diperuntukkan kepada kegiatan ekonomi seperti di Dinas Pertanian, dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Dinas Perikanan dan Kelautan, serta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Penggunaan dana insentif daerah ini sementara disusun dan akan segera dilaporkan kembali atau dikirimkan kembali kepada kementerian keuangan untuk dilihat apakah sudah sesuai dengan petunjuk yang diberikan atau tidak.

Menurutnya, dana insentif daerah ini untuk perbaikan ekonomi atau pemulihan ekonomi di kota Kupang dengan mendorong atau menggenjot organisasi perangkat daerah atau OPD yang bersentuhan langsung dengan kegiatan ekonomi, khususnya ekonomi kecil dan usaha kecil masyarakat, atau UKM.