Komisi X DPR RI Akan Dorong Dana CSR Untuk Pengembangan Olahraga

Bagikan Artikel ini

Laporan Frans Watu
Jakarta, NTTOnlinenow.com – Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) akan mendorong agar olahraga mendapatkan dana Corporate Social and Responsibility (CSR) dari Badan Usaha Milik Negera (BUMN).

Pernyataan itu diungkapkan anggota Komisi X DPR-RI, Illiza Sa’aduddin Djamal pada acara pelantikan Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bhakti yang berlangsung di Auditorium Wisma Kemenpora Jakarta, Selasa (14/7/2020).

“Ya, kita akan dorong agar olahraga bisa mendapatkan dana CSR BUMN ke depan. Dan, kita akan bahas dalam rapat Komisi X DPR-RI,” janji Illiza Sa’aduddin Djamal.

Dalam acara pelantikan itu, Illiza Sa’aduddin selaku Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (PB Perpani) juga menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kemenpora untuk bantuan dana pelatnas panahan Olimpiade sebesar Rp 3.951.080.000 dari usulan anggaran Rp 7.676.815.000.

Menghadapi Olimpiade Tokyo 2021, kata Illiza, Riau Ega dkk akan dipanggil untuk menjalani program latihan pelatnas di Lapangan Panahan Komplek Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Awal Agustus depan. Sebelum masuk ke pelatnas, mereka akan menjalani tes SWAB lebih dulu.
Mengingat masih masa pandemi Covid 19, kata politisi PPP, rencana try out ditiadakan sedangkan try in hanya dilakukan di Yogyakarta mengingat daerah lain belum dibuka.



“Try out ditiadakan, try in hanya di Yogyakarta karena di daerah lain belum bisa juga kami keluar,” ujar Illiza.

Berbicara masalah persiapan, dia menyebut Riau Ega dan kawan-kawan tetap semangat meski menjalani latihan di daerah masing-masing. Bahkan, katanya, PB Perpani akan berusaha untuk bisa meningkatkan prestasi atlet panahan sehingga bisa mengulang sukses pada Olimpiade Seoul 1988 dimana medali perak disumbangkan bagi Kontingen Indonesia.

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan prestasi sehingga panahan bisa mengukir prestasi di Tokyo nanti,” katanya.

Sementara itu mulai sabtu (18/7/2020) di Lapangan Panahan GBK tampak para atlit Panahan DKI Jakarta sudah mulai melakukan latihan dan tetap mengikuti standar protokol kesehatan dengan tetap menjaga jarak. Latihan sore itu menjadi menarik karena dihadiri Ketua Harian PB Perpani Ir. M.Hasanudin Thoyib, MM yang juga turut berlatih bersama para atlit.

Kehadiran Hasanudin bersama para pengurus yang juga mantan pemanah Indonesia menjadi motivasi tersendiri bagi para atlit, bagi Ketua Harian PB Perpani ini merupakan bentuk dukungan dari pengurus terhadap pelatih dan atlit yang baru memulai berlatih pasca Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).