66 Perawat Lulusan Profesi Ners Stikes Maranatha Kupang Dilantik

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – 66 orang perawat lulusan profesi ners Stikes Maranatha Kupang dilantik dan diangkat sumpahnya pada Sabtu, (18/07/2020) bertempat di aula hotel Romyta Kota Kupang.

Hadir dalam acara itu Ketua Dewan Pembina Stikes Maranatha Kupang, Ketua Yayasan Maranatha NTT, Ketua Stikes Maranatha Kupang, Ketua DPW PPNI NTT, staf dosen Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Maranatha Kupang serta para undangan lainnya.

Acara tersebut diawali dengan dengan sidang terbuka Angkat Sumpah Perawat Lulusan Profesi Ners Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Maranatha Kupang yang di buka secara resmi oleh oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Pengukuhan sumpah itu juga dipandu masing-masing oleh rohaniawan dari agama Kristen Protestan, Katolik dan Islam. Usai pengukuhan dilakukan penandatanganan Surat Pernyataan Sumpah Perawat oleh perwakilan perawat baru.

Selanjutnya penyematan PIN PPNI oleh Ketua PPNI NTT dan DPD PPNI Kabupaten Kupang diikuti dengan penandatangan Berita Acara Angkat Sumpah oleh Ketua DPW PPNI NTT, Ketua Stikes dan Kepala Program Studi Ners Stikes Maranatha Kupang kepada perwakilan perawat baru.

Sepatah kata dari perwakilan perawat baru diwakilkan kepada Sari Amekan, S.Kep yang dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Dewan Pembina Stikes Maranatha Kupang Drs. Samuel Selan. Samuel Selan selaku Pembina mengatakan merasa bangga dengan stigma Stikes Maranatha yang kian hari semakin baik.



Sebagai Pembina dirinya juga mengigatkan para perawat yang lulus agar jangan sombong dan jangan bersikap aneh dalam menjalan tugas profesi. Profesi yang dimiliki itu mestinya dipakai untuk mendekatkan diri pada masyarakat.

Sementara Ketua Stikes Maranatha Kupang Stefanus Mendes Kiik, S.Kep.,Ns.,M.Kep. Komunitas dalam sambutannya menyampaikan rasa bahagia sekaligus bangga dengan peristiwa pelantikan dan sumpah ini. Menurutnya moment ini adalah bukti nyata tetap eksisnya Stikes Maranatha ditengah masyarakat NTT.

Atas nama pribadi dan seluruh civitas akademika Stefanus menyampaikan terimakasih yang tulus atas perhatian Gubernur NTT mendukung pendidikan kesehatan lewat bea siswa yang diberikan kepada Stikes Maranatha.

Diakhir sambutan acara ini Ketua DPW PPNI NTT Aemilianus Mau,S.Kep.,Ns.M.Kep berpesan untuk para lulusan yang baru agar senantiasa menjaga rahasia informasi pasien dalam bertugas dengan mengacu pada kode etik profesi.

Ditambahkan Aemilianus bahwa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pun harus memberikan kepercayaan diri dengan senantiasa terus belajar. Jangan juga mengharapkan pekerjaan sebagai PNS, bisa bekerja ditempat swasta ataupun praktek secara mandiri.

Acara pelantikan dan sumpah itu diakhiri dengan ramah tamah serta pose bersama para lulusan profesi ners dengan civitas akademika Stikes Maranatha Kupang.(Herry Battileo)