36 Personel Polisi Naik Pangkat. Kapolres Belu ; Jadikan Cambuk Tingkatkan Pelayanan Pada Warga

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Sebanyak 36 personel Polres Belu dan Subden II Yon A Pelopor Belu menerima kenaikan pangkat di lapangan Mapolres Belu wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL, Senin (6/7/2020).

Kenaikan pangkat 39 personel Polri ditandai dengan upacara pelantikan kenaikan pangkat reguler personil Polri dipimpin langsung Kapolres Belu, AKBP Cliffry S. Lapian.

Dari jumlah 36 personil Polres Belu dan Brimob yang mendapat kenaikan pangkat terhitung mulai tanggal (TMT) 1 juli 2020 yakni Aipda ke Aiptu 4 orang, Bripka ke Aipda 8 orang, Brigpol ke Bripka 21 orang, Briptu ke Brigpol 1 orang dan Bripda ke Briptu 2 orang.

Setelah upacara selesai, para personil Polri Polres Belu dan Brimob Subden Belu jalani tradisi kenaikan pangkat. Adapun tradisi yakni, para personel diguyur air dengan semprotan dari water canon.

“Cara unik itu sudah menjadi tradisi di internal Polri setiap kali anggota yang menerima kenaikan pangkat,” ujar Cliffry.

Menurut dia, pangkat kita ini bukan pemberian yang sudah menjadi kewajiban dari organisasi secara periodik. Namun ini karena prestasi, kinerja rekan-rekan dan tidak tersandung kasus berat. Karena siapapun yang dapat kenaikan pangkat ini adalah prestasi diri anda sendri dan juga keluarga di rumah,” lanjut Kapolres Belu.

Kapolres Belu itu berharap, kenaikan pangkat ini dijadikan sebagai cambuk untuk bekerja lebih baik kedepan dalam memberikan pelayanan untuk masyarakat.

Dijelaskan bahwa, ini merupakan tradisi dan dibikin seru-seruan sebagai bentuk ungkapan syukur. Kami keluarga besar Polres Belu dan Subden 2 Brimob Atambua ikut bahagia dengan kenaikan pangkat para anggota kami apalagi hari ini bertepatan dengan Hari Bhayangkara ke-74.

“Semoga dengan pangkat yang baru, Saya harap yang sudah baik agar lebih baik lagi, yang mungkin masih standar-standar agar ditingkatkan lebih baik lagi,” ujar Cliffry.

Tambah mantan Kapolres Manggarai itu, terdapat perbedaan pada upacara kenaikan pangkat kali ini dimana para personel yang telah berkeluarga, tidak didampingi oleh istri dan keluarga. Hal ini untuk hindari terjadinya kerumunan seiring dengan kondisi pandemi covid-19.

“Kita tidak ikut sertakan Bhayangkari dalam upacara ini untuk menghindari terjadinya kerumunan karena wabah covid-19 ini belum sepenuhnya berakhir. Anggota juga tetap menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak, tidak berjabatan tangan dan menggunakan masker,” ucap Cliffry.

Upacara yang digelar di lapangan apel Mapolres, dihadiri para Kabag, Kasat, Wakasubden 2 Pelopor Brimob Belu, Perwira Staf, para Kapolsek jajaran Polres Belu serta Brigadir dan PNS Polri.