Sembilan Orang Pelamar Siap Mengikuti Seleksi Sekda Kota Kupang

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Penjabat Sekda Kota Kupang, Elvianus Wairata mengatakan, Pasca Penutupan pendaftaran penerimaan seleksi calon pejabat Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Kupang pada 3 Juli 2020 lalu, sudah ada 9 nama yang mendaftar. 6 diantaranya adalah pejabat tinggi pratama Pemerintah Kota Kupang dan tiga lainnya adalah pejabat dari Kabupaten Kupang.

Nama-nama Pejabat Tinggi Pratama Pemkot Kupang Yang melamar Seleksi Sekda Kota Kupang Abraham D.E Manafe, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Kupang, dr. I.W Ari Wijana, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Kupang, Jefry Edward Pelt, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Kupang, Thomas Dagang, Staf Ahli Wali Kota Kupang, Noce Nus Loa, Kepala Badan Satuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Kupang, dan Ebjens Doeka, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Kupang. Sementara pejabat dari lingkup Pemerintah Kabupaten Kupang yaitu, Fahrensy P. Funay , yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kupang, Novita Foenay, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kupang, dan Pieter Sabaneno Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kupang.

Wairata menyebutkan, setelah Penerimaan Berkas dan Makalah pada 25 Juni-3 Juli 2020 di Sekretariatan Panitia Seleksi (Pansel), dilakukan Seleksi Administrasi pada 4 Juli 2020 di Sekretariatan Panitia Seleksi. Pengumuman hasil seleksi administrasi pada 7 Juli 2020, akan diumumkan melalui website Pemerintah Kota Kupang.

Selanjutnya, Pembukaan kegiatan seleksi pada 8 Juli 2020 yang akan diumumkan melalui website Pemkot Kupang, Seleksi kompetensi Manajerial pada 8-9 Juli 2020 oleh Assesor. Seleksi kompetensi Bidang pada 10-11 Juli 2020 oleh Panitia Seleksi, Pemberitahuan hasil kompetensi manajerial dan bidang pada 13-14 Juli 2020 oleh Panitia Seleksi, Presentasi dan Wawancara akhir pada, 15-18 Juli 2020 oleh Panitia seleksi, Pembahasan hasil akhir seleksi oleh Pansel pada 20 Juli 2020, dan Pengumuman hasil akhir pada, 23 Juli 2020 yang diumumkan melalui website resmi pemerintah Kota Kupang.


Elvianus Wairata menjelaskan, tim panitia seleksi (Pansel) sudah terbentuk, ketua Pansel sudah mengantongi izin dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan sekarang pansel itu sementara bekerja.

“Ketua Pansel adalah asisten III Setda Provinsi NTT, dua orang akademisi dari Universitas Nusa Cendana, Prof Allo Liliweri dan Dr Pandie, dan satunya dari profesional yaitu Bernadus Benu yang adalah mantan sekda Kota Kupang. Sekarang Pansel sementara bekerja dan kita harapkan agar semuanya berjalan lancar, karena sesuai dengan SE Menpan RB semua proses harus cepat,” ujarnya.

Wairata menjelaskan, untuk proses seleksi pengisian jabatan sekda ini, dibuka untuk umum, artinya yang dari Kabupaten dan di provinsi juga bisa mengikuti seleksi ini, yang memenuhi syarat tentunya.

Menurut Wairata, nantinya akan dilihat agar proses seleksi pengisian jabatan sekda ini juga bisa sekaligus dengan proses seleksi pengisian jabatan kosong di jabatan pejabat tinggi pratama.

“Karena ada beberapa jabatan eselon II yang kosong maka kita upayakan agar dapat dilakukan sekali gus, atau bisa juga ditunda karena dalam waktu dekat ada beberapa pejabat yang pensiun, yaitu asisten I Yos Rera Beka dan asisten III setda Kota Kupang, Edward Jhon Pelt,” ujarnya. (ntt-ym)