Paket “Edi-Weng” Telah Mendeklarasikan Diri Maju Pilkada Mabar

Bagikan Artikel ini

Laporan Alvaro S. Marthin
Ruteng, NTTOnlinenow.com – Pasangan Bakal Calon Bupati (Bacabup) dan Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), NTT, Edistasius Endi bersama Yulius Weng, yang diakronim Paket “Edi-Weng” kini telah resmi menyatakan kesiapannya maju dalam Pilkada Mabar 2020.

Paket ini resmi diusung oleh 2 Partai Politik, yaitu Partai Nasdem dan PKPI, masing-masing Nasdem 5 Kursi dan PKPI 1 kursi, total 6 kursi di lembaga DPRD Mabar, kata Bacawabup Yulius Weng, kepada wartawan, Jum’at, 3 Juli 2020 di Ruteng.

Dirinya tak menyebutkan nomor SK Parpol pengusungnya, namun Weng mengaku pihaknya telah mengantongi SK dukungan dari kedua Parpol tersebut.

“Kita berani deklarasi diri karena kita sudah pegang SKnya. Kalau hanya rekomendasi saja tentu kita tidak berani,” ujar Weng.

Sebelumnya, Rabu, 1 Juli 2020, Paket “Edi-Weng” mengadakan ritus adat “Teing Hang dan Selek” (Ritual adat Manggarai memberikan makan para leluhur dan mempersiapkan Paket ini secara adat Manggarai untuk maju dalam kontestasi Pilkada Mabar mendatang), sekaligus mendeklarasikan diri dikampung halaman Bacabup, Edistasius Endi di Kakor, desa kakor, Kecamatan Lembor Selatan.

Acara ini dihadiri oleh ribuan simpatisan dari berbagai kampung di wilayah itu. Dihadapan simpatisannya, Paket “Edi-Weng” menyatakan kesiapannya maju dalam kontestasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mabar pada 9 Desember mendatang.

Paket Edi-Weng Bersama Istri

Weng menambahkan, selain 2 Parpol pengusung tersebut, diperkirakan masih ada penambahan jumlah Parpol pengusung lagi dalam waktu dekat. Diantaranya, PPB telah mengantong rekomendasi, sedangkan 2 Parpol lainnya, yaitu PAN dan PPP masih menunggu kepastiannya, tetapi pihaknya telah mengikuti seluruh rangkaian proses seleksi awal Parpol tersebut.

“Kemungkinan masih ada penambahan 1 Parpol lagi yaitu PBB. Kita sudah pegang rekomendasinya. Sedangkan PAN dan PPP kita masih menunggu jawabannya. Kita sudah mengikuti seluruh proses seleksi internal,” tambah Weng.

Deklarasi itu juga dihadiri oleh tokoh Politik Manggarai dan Mabar, diantaranya, Mantan Bupati Manggarai 2 Periode, Christian Rotok, Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch Dula bersama mantan Sekda Manggarai, Manseltus Mitak.

Dalam sambutannya, Christian Rotok mengaku mengenal kedua figure ini (Edistasius Endi dan Yulius Weng) sejak lama. Rotok mengenal Edi di panggung politik sejak lama dan saat dirinya (Edi) terpilih sebagai anggota DPRD Mabar. Demikian pula dengan Weng, lanjutnya. Selain dikenalnya sejak lama, saat dirinya masih menjabat sebagai Bupati Manggarai kala itu, Weng diangkatnya sebagai Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Manggarai hingga kini.

Rotok menambahkan, Weng juga dikenal sebagai salah satu Kadis yang memiliki kinerja kerja yang baik, disiplin, tuntas dan konsistensi tinggi.

“Saya mengenal dia ini bukan karena sebagai kepala dinasnya saja tetapi karena dia salah satu kadis yang memiliki kinerja baik, disiplin, kerja tuntas, serta konsisten,” tegas Rotok disambut tempuk tangan meriah dari para simpatisan yang hadir, cerita Weng.

Menurutnya, Paket “Edi-Weng” merupakan dua figure yang paling cocok untuk memimpin Mabar kedepannya.