Dishub Belu Telah Serahkan Terminal Lolowa ke Pemprov NTT

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Belu telah menyerahkan terminal Lolowa (tipe B) kepada Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Hal itu dibenarkan Plt. Dishub Belu, Anton Suri kepada media saat dihubungi, Rabu (24/6/2020).

Jelas dia, sebenarnya penyerahan terminal tipe B Lolowa dari Kabupaten Belu ke Pemprov itu sudah harus dilakukan pada tahun 2018 lalu, sejak kewenangan urusan terminal tipe B dialihkan ke Provinsi. Tapi karena ada kendala sehingga baru diserahkan pekan lalu.

“Kendalanya adalah bangunan terminal tipe B itu bersamaan dengan Kantor Dishub Belu. Kalau kita serahkan terminalnya maka pelayanan di kantor akan mengalami gangguan karena bayak kendaraan AKDP keluar masuk,” ujar Suri.

Tetapi lanjut Suri, karena ada surat dari Pak Gubernur bahwa harus menyerahkan gedung (terminal dan kantor) itu, maka pak Bupati Belu telah menandatangi berita acara penyerahan dan telah diserahkan ke Pemerintah Provinsi.

Tambah dia, hari pertama masuk kantor pekan lalu dirinya langsung memerintahkan staf untuk menyimpan barang kantor untuk pindah. Setelah itu, hari Rabu pindah ke gedung lain yakni di bekas kantor lama BLH Belu.

“Memang secara teknis dan kelayakan bangunan tidak memenuhi syarat tapi untuk sementara kita bertahan dulu,” kata Suri yang juga mantan Kadishub Belu itu.

Tambah dia, pengelolaan terminal Lolowa telah diambil alih oleh UPT Dishub Provinsi. Karena itu diharapkan kepada UPT Dishub agar segera menertibkan kendaraan AKDP agar tidak boleh perkir lagi di terminal bayangan.