Prajurit Satgas Yonif 142 dan Polri di Belu Gelar Patroli Pengamanan Perbatasan RI-RDTL

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Keamanan sebuah Negara merupakan hal yang sangat penting bagi rakyatnya dalam menjaga stabilitas perekonomian guna terwujudnya kesejahteraan bersama.

Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ selaku satuan yang diberi kepercayaan mengamankan wilayah perbatasan RI-RDTL, berinisiatif untuk bersinergi bersama satuan lain dari Kepolisian dan TNI AL dalam mewujudkan stabilitas keamanan Bangsa dan NKRI khususnya wilayah timur yakni Kabupaten Belu, NTT.

Hal itu disampaikan Dansatgas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ, Letkol Inf. Ikhsanudin dalam keterangan tertulisnya yang diterima NTTOnlinenow.com di Atambua, Minggu (21/6/2020) sore.

Ikhasanudin mengatakan, patroli keamanan bersama tersebut dilaksanakan oleh Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ di Pos Motaain bersama personel Pos TNI AL Atapupu, Pos Polisi Mota’ain dan Pos Brimob Mota’ain.

“Kegiatan patroli bersama tersebut dilaksanakan oleh personel kami yang berada di Pos Motaain bersama personel Pos TNI AL Atapupu, Pos Polisi Motaain dan Pos Brimob Mota’ain,” ujar dia.

“Kami satu tujuan, yaitu menjaga stabilitas keamanan wilayah perbatasan khususnya di wilayah timur NKRI yaitu Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur,” tambah Ikhsanudin.

Patroli keamanan perbatasan jelas dia, melibatkan 18 orang personel TNI terdiri dari 7 orang dari Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Pos Mota’ain dipimpin Lettu Inf Sahita, 2 orang dari Pos TNI AL Atapupu dipimpin Letda Laut (S) Arif Lambuto, 7 anggota Pospol Mota’ain dipimpin Ipda Nurdin dan 2 anggota Brimob Pos Mota’ain dipimpin Aiptu Carvalo.

“Selain mengantisipasi berbagai macam tidak pidana yang dapat terjadi di wilayah perbatasan seperti penyelundupan dan pelintas batas ilegal, kegiatan ini juga dalam rangka mencegah penyebaran pandemi wabah Covid-19,” papar Ikhsanudin.

Masih menurut dia, tujuan utama dari patroli bersama ini adalah untuk menjamin situasi yang aman dan kondusif di wilayah perbatasan Negara Indonesia dengan Timor Leste.

Diharapkan seluruh lapisan masyarakat di wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste dapat mendukung terciptanya situasi yang aman dan kondusif, serta menekan penyebaran wabah Covid -19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari.

Danpos Mota’ain Lettu Inf. Sahita berharap kegiatan seperti ini akan terus berlanjut sehingga sinergitas antar instansi yang bertugas di wilayah perbatasan dapat terjaga dengan baik.

“Kami sangat berharap agar kegiatan seperti ini akan terus berlanjut pada Satgas berikutnya, sehingga sinergitas antar instansi yang bertugas di wilayah perbatasan dapat terjaga dengan baik,” ucap dia.