Dinkes Kota Kupang Verifikasi Data Tenaga Medis Yang Terlibat Dalam Penanganan Covid-19

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Drg. Retnowati mengatakan, pemerintah Kota Kupang melalui dinas kesehatan sementara melakukan verifikasi data tenaga medis dan tenaga kesehatan lainnya yang terlibat langsung dalam penanganan pasien Covid-19, baik, pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pengawasan (ODP) dan pasien positif Covid-19.

Verifikasi ini dilakukan karena pihak Kementerian Kesehatan akan memberikan insentif bagi tenaga kesehatan yang terlibat dalam penanganan covid-19.

Retnowati menjelaskan, dalam pengusulan nama tenaga medis dan tenaga kesehatan ke Kementerian Kesehatan, untuk mendapatkan insentif, ada kriteria dan kategori yang ditetapkan. Kriteria dan kategori yang dimaksud yaitu jumlah pasien yang dirawat, mulai dari kategori ODP, PDP dan positif, juga jumlah hari perawatan.

Dia mengatakan, ada empat rumah sakit second line di Kota Kupang, yaitu Rumah Sakit S.K Lerik, Rumah Sakit Bayangkara, Rumah Sakit Wira Sakti dan Rumah Sakit Siloam. Keempat Rumah Sakit ini memasukan data nama-nama perawat dan tenaga kesehatannya, selanjutnya data ini diverifikasi di Dinas Kesehatan Kota Kupang.

Saat ini, kata Retnowati, semua data dalam proses verifikasi data. Setelah verifikasi rampung, data akan kirimkan ke Kementerian Keuangan, lalu saat disetujui, Menteri Keuangan akan mentransfer uang ke Kementerian Kesehatan untuk nantinya ditransfer ke masing-masing rumah sakit.

Jadi, kata Retnowati, Dinas Kesehatan mengajukan data penerima insentif dari kementerian kesehatan setiap tiga bulan, dan untuk tahap awal, pengusulan dilakukan untuk bulan Maret April dan Mei tahun 2020. (ntt-ym)