Hasil Pilrek Unimor, Stefanus Sio Menang Telak. Suara Mendikbud Nadiem Makarim Penentu Utama.

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Hasil Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Timor (Unimor), satu – satunya Perguruan Tinggi Negeri di Timor Tengah Utara, Kabupaten Perbatasan RI – RDTL, pada pemungutan suara tingkat senat, yang berlangsung di gedung Study Center Unimor, Jumat (05/06/2020) dimenangkan Stefanus Sio.

“Kemenangannya telak, lantaran memperoleh suara yang jauh lebih tinggi dari para rivalnya”, tandas Ketua Senat Unimor, Drs. Marthen Patiung, M.Si kepada NTTOnlinenow.com di depan gedung SC Unimor, usai Pelaksanaan Pilrek Jumat sore.

Menurut dia, Pilrek tersebut diikuti 3 calon. “Pilrek Unimor diikuti 3 calon yakni, Prof. Dr. Sirilius Seran , SE. MS, Dr. Ir. Stefanus Sio, MP dan Dr. Bernadete Barek , S.Pt., MP.

Keterangan Foto : Drs. Marthen Patiung M.Si. ketua Senat Universitas Timor.

“Berdasarkan hasil pemungutan suara yang berlangsung, Stefanus Sio memperoleh 11 suara, Sirilus Seran 3 suara dan Bernadete Koten 0 suara. Ini pemilihan tingkat Senat. Di Unimor ada 14 anggota Senat dan semua anggota senat hadir dalam Pilrek siang ini” kata Marthen.

Dijelaskan lebih lanjut, hasil Pilrek Unimor ini masih hasil perengkingan sementara selanjutnya akan dikirim kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim yang juga sebagai penentu.

“Perengkingan hasil Pilrek hari ini, bukan merupakan kemenangan final. Kita masih akan mengirim hasilnya ke menteri karena itu belum temasuk suara menteri. Dalam pemilihan Rektor Perguruan Tinggi Negeri, menteri memiliki hak suara sebesar 35 persen, sementara Senat memiliki porsi lebih yakni 65 persen. Menteri Pendidikan sebagai pengasuh Perguruan Tinggi Negeri punya hak suara juga. Dan setelah itu akan ada perwakilan dari Kemendikbud yang melakukan observasi, siapa calon yang dipilih dan mempunyai peluang besar menang. Yah, kita tunggu hasil finalnya dalam Pemilihan bersama dengan pihak Kemendikbud. Semoga dalam pekan depan sudah bisa kita dapatkan jawaban jadwal pelaksanaan Pilrek bersama”, ungkap Marten.