Empat Pekerja Migran Indonesia Dari Negara Malaysia Tiba di Kabupaten Belu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Empat orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Belu yang bekerja di Negara Malaysia tiba di Kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Belu, Atambua, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL, Senin (1/6/2020).

Keempat PMI didampingi BP2MI Provinsi NTT tiba dari Kupang menempuh jalur darat (kendaraan roda empat) diterima oleh Kadis Nakertrans Kabupaten Belu, Laurentius Nahak.

Turut dampingi Kadis Nakertrans menerima 4 PMI yakni, Camat Lamaknen Roni Mau Luma, Camat Nanaet Dubesi Michael Bria, Kapolsek Lamaknen Ipda Jenedi Lian, dan Kapolsek Tasifeto Barat Ipda Martinus.

Diketahui, keempat PMI asal Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL sebelumnya menjalani tahap karantina di Pangkal Pinang, Kepulauan Riau sebelum dipulangkan ke Belu.

Usai menandatangani berita acara penerimaan oleh Kadis Nakertrans, Camat Lamaknen, dan Camat Nanaet Dubesi, keempat PMI melanjutkan perjalanan ke rumah masing-masing dengan didampingi Camat masing-masing untuk melaksanakan karantina mandiri selama 14 hari.

Kadis Nakertrans Belu, Laurentius Nahak meminta kepada empat PMI agar pulang ke rumah masing-masing dan menjalankan protokol kesehatan selama 14 hari guna mencegah penyebaran virus corona.

Dikatakan, apabila suatu saat PMI yang rencana akan kembali bekerja ke luar negeri agar mengikuti atau menjalani prosedur ketenagakerjaan yang ada sesuatu prosedur yang berlaku.

“Mereka sudah kami terima bersama 2 Camat yakni, Camat Lamaknen dan Nanaet beserta tim dari TNI dan Polisi jam 19.30 dan dalam kondisi sehat sesuai surat dari dokter dalam kondisi negatif,” terang Kadis Nakertrans Laurentius Nahak.

Lanjut dia, selesai penerimaan dan penyelesaian dokumen terkait ketenagakerjaan, dan dilakukan pemeriksaan petugas Gugus Covid-19 Belu keempat PMI langsung diantar ke wilayah domisili masing-masing didampingi para Camat.