Ketum PB Perpani Bagikan APD di Rumah Sakit Banda Aceh

Bagikan Artikel ini

Laporan Frans Watu
Banda Aceh, NTTOnlinenow.com — Usai dilantik tanggal 20 Mei 2020 secara virtual oleh Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Pur) Marciano Norman, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Panahan Indonesia (PB Perpani) yang juga anggota Komisi X DPR RI, Illiza Sa’aduddin Djamal menunjukkan kepeduliannya menyikapi situasi pandemi coronavirus yang tengah merambah negeri ini. Ketum Perpani menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) ke sejumlah rumah sakit di Kota Banda Aceh, Jumat (29/5/2020). Kali ini Illiza membagikan sejumlah APD ke Rumah Sakit Prince Nayef (RSPN) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), RSUD Zainoel Abidin dan RSUD Meuraxa.

Tidak banyak yang kami berikan, ini merupakan bentuk solidaritas sesama anak bangsa dalam menyikapi pandemi COVID-19 yang tengah menimpa negara kita. Mudah-mudahan gerakan ini akan dikuti teman-teman dari Pengprov Perpani, tegas Illiza.

Untuk RSPN Unsyiah sebanyak 160 pcs grown covel all dan sepatu boot, 10 kotak masker medis dan 4 kotak sarung tangan medis. APD tersebut diterima langsung oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Maimun Syukri Sp. P.

“Sementara dengan bantuan alat ini sudah cukup, namun yang masih kurang reagen COVID yang kita masih butuh,” tutur Prof Maimun ketika menerima bantuan dari illiza.

Sementara Direktur RSUD Meuraxa, dr Fuziati SpRad. ketika menerima bantuan tersebut mengatakan ini merupakan jumlah bantuan terbesar yang pernah pihaknya terima selama pandemi COVID-19.

“Alhamdulillah sangat banyak dan memang sangat dibutuhkan oleh rumah sakit Meuraxa. Ini bantuan paling banyak kami terima selama masa COVID-19 ini,” ungkapnya.

Sedangkan RSUDZA mendapatkan sebanyak 320 pcs cover all dan sepatu boot, 16 kotak masker, dan 7 kotak sarung tangan medis yang diterima langsung oleh Direktur RSUDZA, Dr dr. Azharuddin Sp. Ot K-Spine FICS.

Azharuddin turut memberi apresiasi atas kepedulian Illiza terhadap tenaga medis. Menurutnya, saat ini APD sangat dibutuhkan oleh tenaga medis agar dapat terus memberi pelayanan yang baik pada pasien COVID-19.

“Terimakasih telah membantu kami dan juga terus menerus memantau kami. Yang paling kita butuhkan adalah APD karena seperti komitmen kita selalu memberikan pelayanan yang terbaik,” katanya.

Penyerahan APD ke sejumlah rumah sakit di Banda Aceh ini merupakan bentuk kepedulian Illiza yang baru mendapat amanah menahkodai salah satu cabang olahraga yang menjadi prioritas di Olimpiade 2021 terhadap para medis yang menjadi garda terdepan dalam menangani wabah ini.

“Kita memberi apresiasi pada para medis yang selalu siap siaga memberi pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan kita ingin menyampaikan rasa terimakasih itu dengan perhatian, baik secara langsung maupun tidak langsung,” ungkapnya.

Ia berharap APD tersebut dapat dipergunakan untuk kebutuhan para medis dalam menangani pasien COVID-19 maupun lainnya.
Illiza juga menghimbau masyarakat agar menjalankan protokol COVID-19 dengan baik.

Propinsi Aceh merupakan salah satu Propinsi yang berhasil menekan penyebaran coronavirus denga baik. Sejak wabah ini menyebar Aceh telah melakukan pengetatan disetiap gerbang masuk dan keluar menuju propinsi Serambi Mekah ini.

Illiza berpesan agar menjelang diberlakukan new normal masyarakat benar-benar mengikuti semua protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah, dan terus berikhtiar sambil terus berdoa agar pandemi ini segera berakhir. Saya mengajak semua insan Panahan mari kita bersama membangun soliditas dalam menghadapi pandemi COVID-19,” lanjut mantan Walikota Banda Aceh.

Bahu-membahu dalam upaya penangan pandemi COVID-19 diperlihatkan berbagai pihak, termasuk Pengurus PB Perpani di Bali dan Pengurus Panahan Propinsi Papua.

Sony Gatot Hariyanto Waketum Bidang Organisasi dan Infithar Fajar Putra Wakabid Bidang Organisasi PB Perpani belum lama ini juga menyerahkan bantuan bagi para atlit dan mantan atlit di Bali yang terkena dampak pandemi COVID-19. Bantuan berupa sembako diterima Gatot Tohir dan sejumlah atlit panahan Bali.

“Menanggapi kondisi bangsa yang sedang dilanda pandemi, kami dengan segala keterbatasan mengambil langkah untuk turun membantu para atlit dan mantan atlit yang terdampak secara langsung”, jelas Sony Gatot Heriyanto Waketum Perpani Bidang Organisasi yang berdomisili di Pulau Dewata.

Perpani Propinsi Papua (29/5/2020) menyerahkan bantuan dalam rangka COVID-19 berupa APD, Hand sanitizer, Masker serta minuman Vitamin. Bantuan tersebut diserahkan Wakil Ketua Perpani Provinsi Papua Hengki Sawaki dan Sekretaris Umum Perpani Papua Suparji. Bantuan yang diserahkan kepada Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Abepura disaksikan Ketua Umum Pengprov Perpani Papua Dr. Juliana. J Waromi, SE., M.Si, Wakil Ketua/Ketua Harian Pengprov Perpani Papua Nason Utti, SE dan sejumlah Pengurus Perpani propinsi Papua.

“Ini merupakan wujud tanggung jawab sosial pengurus Perpani Propinsi Papua untuk saling bahu membahu bersama pemerintah dan masyarakat dalam upaya pencegahan penularan COVID-19.” Ujar, Ketua Umum Perpani Propinsi Papua Dr. Juliana. J Waromi, SE, M.Si.

Dr. Juliana. J Waromi, SE, M.Si. berharap bantuan dari Pengprov Perpani Papua ini bisa dimanfaatkan oleh pihak RSJ Abepura guna membantu masyarakat yang terpapar coronavirus di kota Jayapura.

Pada tempat terpisah, Sekjen PB Perpani Dr.Nyak Amir, M.Pd. juga menyampaikan bahwa Perpani Aceh juga telah melakukan pemberian bantuan paket sembako sebelum idul fitri kemaren kesejumlah mantan pelatih, pengurus dan warga fakir miskin, dan dalam waktu dekat ini juga Perpani Aceh akan berencana membagikan bantuan APD kesejumlah atlet dan pelatih panahan Provinsi Aceh.

Dan ini sudah merupakan kewajibkan yang harus kita lakukan dalam rangka membentuk solidiritas sesama dan ini juga dapat menjadi triger bagi Pengurus Provinsi Perpani lainnya di seluruh Indonesia. Semoga semangat saling membantu antar Pengurus dan masyarakat olahraga Indonesia bisa meringankan beban masyarakat kita saat ini, harap Nyak Amir yang pernah memimpin Pengprov Panahan Aceh.