Kades Renrua Bagi BLT DD ke 149 Warga Dari Rumah ke Rumah

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kepala Desa Renrua, Eduardus Kidamanto Bau bagi Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa ke warga penerima dampak pandemi virus Corona atau Covid-19, Rabu (27/5/2020).

Sistem pembagian BLT dor to dor atau Kades datangi setiap rumah warga penerima bantuan dengan menerapkan protokoler kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Menurut Kades Eduardua K. Bau sebelum pembagian BLT terlebih dahulu dilakukan secara simbolis di dua dusun. Selanjut dari rumah ke rumah yang dihadiri Polsek Raimanuk, Pendamping Desa, Perangkat Desa dan Perwakilan dari Kecamatan.

“Data penerima BLT sebanyak 149 kepala keluarga. Namun dalam penelusuran ditemukan 6 KK yang telah terima melalui rekening. Sehingga hanya dibagikan pada 143 KK,” jelas Erwin sapaan akrab Kades Renrua.

Ditegaskan bahwa, pembagian BLT dari rumah ke rumah tersebut untuk mengetahui secara langsung kondisi warga Desa Renrua di tengah pandemi Covid-19. Selain itu juga untuk memastikan pembagian BLT tepat sasaran yakni pada warga yang membutuhkan.

Jelas Erwin, bagi warga yang telah terdaftar dalam PKH, PNS, Teko dan Aparat Desa tidak berhak menerima BLT. Guna antisipasi hal ini, Pemerintah Desa secara teliti melakukan pengecekan data atau berkas warga.

“Kalau warga yang telah terdaftar dalam kriteria ini maka bisa dikembalikan ke negara,” kata dia.

Erwin berharap warga yang telah menerima BLT agar dimanfaatkan, digunakan tepat sasaran sesuatu kebutuhan. Pasalnya, dana ini keluarkan pemerintah untuk membantu masyarakat di tengah wabah yang telah merebak ini.

“Khususnya bagi warga Desa Renrua bahwa uang yang dibagikan ini bukan untuk minum mabok, bukan untuk berfoya-foya,” pesan dia.

Dalam kegiatan itu, Kades Renrua juga memberikan edukasi mencegah penyebaran virus corona dengan bagikan APD berupa masker secara gratis kepada warga, dan minta warga menerapkan protokol kesehatan, hindari keramaian dan rajin cuci tangan.

Bersamaan, salah seorang warga Desa Renrua, Adrianus Fahik mengungkapkan, dirinya menerima BLT ini sesuai data yang diambil dari kepala dusun dan RT berdasarkan kriteria-kriteria.

Tambah dia, uang yang diterima dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk kebutuhan keluarga.