Test Swab Kedua, 4 Pasien Positif Covid-19 di Mabar Negatif

Bagikan Artikel ini

Laporan Alvaro S. Marthin
Labuan Bajo, NTTOnlinenow.Com – Berdasarkan hasil Test SWAB kedua di Laboratorium Biologi Molekuler, Instalasi Patologi Klinik RSUD Prof. Dr. W. Z. Johanes Kupang terhadap 4 (Empat) Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), NTT adalah terkonfirmasi Negatif Covid-19. Demikian, Wakil Ketua Tim Media Center Covid-19, Mabar, Florianus Ryan Gampar, dalam siaran pers-nya, yang diterima Media ini, Sabtu, 23 Mei 2020.

Keempat Pasien Positif Covid-19 yang kini terkonfirmasi Negatif itu, diantaranya, Pasien 01 berinisial SS (71), laki-laki, domisili di Desa Wae Wako, Kecamatan Lembor. Jenis Spesimen NP/OP-2, disimpulkan Negatif Covid-19.

Pasien 02 berinisial MS (52), laki-laki, domisili di Desa Siru, Kecamatan Lembor. Jenis Spesimen NP/OP-2, disimpulkan Negatif Covid-19.

Pasien 03 berinisial S (48), laki-laki, Cluster Gowa, domisili di Malawatar, Kel. Tangge – Kecamatan Lembor. Jenis Spesimen NP/OP-2, disimpulkan Negatif Covid-19.

Pasien 06 inisial AM (80), laki-laki, Cluster Gowa, domisili di Benteng Dewa – Kecamatan Lembor Selatan. Jenis Spesimen NP/OP-2, disimpulkan Negatif Covid-19.

Selama ini Keempat Pasien tersebut dirawat intensif di RSUD Komodo Labuan Bajo.

Berdasarkan Protab penanganan Covid-19 dan sesuai dengan arahan Bupati Manggarai Barat selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 Mabar, Agustinus Ch Dula, keempat pasien terkonfirmasi Negatif Covid-19 tersebut telah dipindahkan dari ruang isolasi RSUD Komodo Labuan Bajo ke tempat lain yang telah disediakan oleh Pemkab Mabar, Jumat, 22 Mei 2020 (Malam), lanjut Florianus Ryan Gampar.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Mabar, Yohanes Johan, A.Md.Kep yang memimpin langsung pemindahan keempat Pasien Negatif Covid-19 tersebut mengungkapkan, langkah itu diambil untuk menghindari kemungkinan kembali terpaparnya keempat Pasien, karena masih ada pasien terkonfirmasi positif Covid-19 lainnya yang masih dirawat di ruangan yang sama, serta untuk mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan.

Dia menambahkan, sesuai protab yang berlaku, keempat pasien tersebut akan kembali melakukan pengujian SWAB sekali lagi (Test SWAB Ketiga). Dan apabila hasilnya sama (Negatif) maka keempatnya diperbolehkan pulang ke rumahnya masing-masing.

Walau demikian, keempat Pasien terkonfirmasi Negatif Covid-19 itu tetap dalam pemantauan Tim Medis dan Tim Surveillance Dinas Kesehatan Mabar, hingga pengujian SWAB terakhir.

Johan menegaskan, bahwa Covid-19 adalah bukanlah aib atau kutukan, tetapi sakit yang dapat disembuhkan, seperti keempat Pasien (01,02,03,06) tersebut, sehingga mereka yang pernah menderita Covid-19 tidak boleh dikucilkan dari pergaulan dan kehidupan bermasyarakat.

Dan tidak perlu ragu untuk menerima kembali kehadiran mereka yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19 ke tengah-tengah kehidupan bermasyarakat.