Agus Ririmase Minta Maaf Pelayanan Adminduk Terhambat Selama Pandemi Covid-19

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, (Dispendukcapil) Kota Kupang, Agus Ririmase meminta maaf kepada masyarakat terkait pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) yang terhambat selama pandemi covid 19.

” Saya ingin meminta maaf kepada warga Kota Kupang terkait terhambatnya pelayanan Adminduk selama pandemi covid 19,” kata Agus Ririmase

Menurutnya, terhambatnya pelayanan Adminduk bukan karena disengaja oleh Dispendukcapil untuk tidak mau melakukan pelayanan sesuai tugas-tugas yang harus dijalani. Namun situasi saat ini berbeda dengan kondisi sebelum pandemi. Kondisi dimasa Pandemi covid 19 ini membuat Pemerintah mulai dari pusat sampai ke pemerintah daerah hanya menjalankan instruksi sesuai prosedur atau Protap Penanganan Covid 19 yang sudah ditetapkan. Karena itulah, dirinya menjelaskan bahwa tidak ada niat untuk tidak melayani masyarakat hanya saja di batasi agar tidak terjadi kerumunan masyarakat.

Agus mengaku, Pemerintah sementara berusaha keras untuk keluar dari masalah ini dengan cara memutus mata rantai virus tersebut, dan salah satu metode yang paling efektif adalah melakukan social distancing Dan physical distancing. Dengan penerapan metode tersebut maka tentu sangat berdampak pada optimalisasi pelayanan dan sekaligus berupaya memutuskan mata rantai penyebaran virus corona.

Menurutnya, pihaknya menyadari bahwa adminduk seperti KTP, KK, Akte dan lain-lain yang ada di dukcapil adalah Hak warga Negara dan wajib hukumnya pemerintah melalui Disdukcapil memberikan hak itu. Namun pihaknya berpikir tentang bagaimana menjaga dan menutup celah agar masyarakat tidak ada dalam situasi yang rentan terhadap “serangan virus corona” tetapi pelayanan di Disdukcapil Kota Kupang kami pastikan tetap berjalan setiap hari kerja walaupun ada pembatasan pelayanan.

Dirinya juga mengaku bahwa seluruh pengawai diminta agar bekerja dari rumah, dan pihaknya sudah umumkan di media sosial, dan media lainnya kalau yang datang melakukan pengurusan Adminduk di Dispendukcapil hanya yang benar benar Urgen, seperti Keperluan KTP untuk BPJS, Anak mau Sekolah, mau masuk TNI/Polri atau sekolah Kedinasan lainnya, sesuai instruksi Dirjen dukcapil. Sedangkan yang belum bersifat urgent bisa melalui Whatshap maupun akun FB dinas dukcapil. (ntt-ym)