Kodim Belu Budidaya Ayam Kampung Unggul Balitbangtan

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kodim 1605/Belu budidaya ternak ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB).

Budidaya dengan memanfaatkan Koramil dan Pos Satgas Teritorial di wilayah kerja Kodim Belu di Kabupaten Belu dan Malaka wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL.

Menurut Dandim 1605/Belu, Letkol Inf. Ari Dwi Nugroho, beternak ayam KUB sangat menjanjikan. Selain itu juga dapat meningkatkan perekonomian rumah tangga.

“Juga bisa sebagai alternatif antisipasi ketahanan pangan bagi warga binaan TNI di setiap Koramil dan Poster,” terang dia, Senin (4/5/2020).

Jelas Ari Nugroho, bibit ayam KUB sudah ada dan terkait beternak telah disampaikan pemberitahuan ke setiap Babinsa dan anggota TNI di setiap Koramil dan Poster di wilayah Belu dan Malaka.

“Sudah sampaikan bagaimana cara beternak ayam KUB ke seluruh anggota di Koramil dan Poster,” ujar dia.

“Anggota silahkan lihat, belajar cara beternak ayam KUB. Bagaimana peluang usaha tersebut di daerah Belu dan Malaka?. Ayam ini sangat mirip dengan ayam kampung,” tambah Ari Nugroho.

Dituturkan, satu bulan pertama ayam diberi makan pur murni. Di bulan berikutnya pakan ayam bisa dicampur dengan daun, bekatul serta jagung. Nantinya, di usia 2 bulan ayam KUB bisa dipanen.

“Seperti Poster 08 yang memiliki kolam lele. Nantinya, kandang ayam bisa diletakkan di atas kolam lele. Sehingga kotoran ayam dan sisa makanan bisa mengurangi pelet ikan lele,” kata Ari Nugroho.

Masih menurut dia, beternak ayam KUB ini guna tingkatkan ekonomi keluarga serta alternatif pangan non beras. Juga sebagai bentuk alternatif bagi warga binaan juga sekaligus kemanunggalan TNI dan Rakyat.

“Selain bisa tingkatkan ekonomi keluarga anggota juga bisa sebagai alternatif bagi warga binaan TNI,” tutur Dandim Belu itu.