Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Mabar Buka Bazar Ayam Online

Bagikan Artikel ini

Laporan Alvaro S. Marthin
Labuan Bajo, NTTOnlinenow.com – Peduli dengan keluhan para peternak unggas yang kian merugi di kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT) akhibat pandemi Covid-19 yang terus mewabah disejumlah negara di dunia dan termasuk Indonesia saat ini, Pemerintah melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Mabar mengadakan bazar ayam murah online.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Manggarai Barat, drh. Theresia P.Asmon, kepada wartawan, Kamis, 22 April 2020 mengatakan, bazar murah online ini sudah dimulai sejak, 31 Maret lalu saat situasi Covid-19 mulai terasa. Bermula dari keluhan peternak Unggas yang mengaku mengalami kerugian karena permintaan ayam pedaging dipasaran semakin menurun, akhibat hotel dan restoran di tutup.

“Kami dinas menginisiasi untuk buka pasar online dengan harga terjangkau dengan service delivery ke rumah konsumen. Kami undang peternak ayam, membahas konsepnya untuk membantu peternak sekaligus membantu masyarakat yang mungkin disituasi ini kemampuan daya beli menurun,” ujarnya.

“Kami mengajak semua peternak untuk bergabung melalui asosiasi peternak unggas dan infokan ketersediaan stok panen. Beberapa Minggu ini pemasaran bergilir sesuai kesiapan peternak. Setiap Minggu dievaluasi pelaksanaannya untuk perbaikan layanan ke masyarakat,” jelas Asmon.

Lebih lanjut, Asmon mengungkapkan, setiap pasar Rabu dan Sabtu kisaran permintaan daging 50 kg hingga100 kg. Dia menyebutkan, harga Karkas Ayam di bazar online setiap, Rabu dan Sabtu lebih murah hanya Rp.10.000/kgnya, dari sebelumnya Rp.45 ribu sampai Rp. 50 ribu/kgnya. Namun selama Covid berlangsung harga hanya Rp. 35.000 ribu/kg terima di tempat/rumah.

Terkait bantuan Sembako dari Pemerintah kepada masyarakat saat ini, Asmon berharap, bisa ditambahkan dengan daging sebagai asupan nutrisi selain telur, sekaligus untuk membantu para peternak lokal sehingga mereka terus berusaha menyiapkan stok pangan asal hewan di Mabar.

Dia menambahkan, untuk daging jenis Sapi dan Babi, juga tersedia setiap, Rabu dan Sabtu.

Untuk memudahkan para pelanggannya, pihaknya juga menyediakan paket layanan jasa pengiriman pesanan.

“Infomasi Nomor kontak sudah kami sediakan di fanpage dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Mabar,” tutupnya.