DPRD Minta Pemerintah Kembangkan Sistim Belajar Yang Berorientasi Pada IT

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Anggota DPRD Kota Kupang Theodora Ewalda Taek meminta dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, mulai mempersiapkan diri untuk menerima lompatan-lompatan yang akan ditetapkan oleh Menteri Pendidikan yang berorientasi pada Informasi dan Teknologi, atau IT. Pasalnya, Fraksi melihat Dinas masih terkesan adem dalam mengembangkan sistim belajar yang berorientasi pada IT.

“Saat ini semuanya berbasis pada IT, untuk itu dinas pendidikan diharapkan mulai mempersiapkan diri untuk menerima lompatan-lompatan yang akan ditetapkan oleh Menteri Pendidikan yang berorientasi pada IT,”kata Ewalde Taek kepada wartawan, Senin (20/04//2020) di Kupang.

Ia menjelaskan, Pemenuhan kebutuhan sarana prasarana sekolah harus mengacu pada pada pengadaan yang berbasis IT, karena masih banyak sekolah yang belum dilengkapi dengan sarana IT yang memadai.

“Contohnya saat ujian nasional berbasis komputer, atau UNBK, masih banyak sekolah yang belum mempunyai peralatan yang memadai. Bahkan ada murid yang membawa peralatan seperti laptop dari rumahnya sendiri, karena disekolah tidak ada,” katanya.

Selain itu, kata Theodora, perlu diperhatikan proses belajar mengajar yang tidak saja membuat murid atau siswa pandai menghafal dan menghitung untuk memperoleh nilai yang baik, tetapi perlu diperhatikan pembentukan karakter peserta didik seperti disiplin, kejujuran, tanggungjawab serta kreatif dan inovatif.

Theodora mengaku, meskipun saat ini semua sekolah diliburkan karena pandemik corona, namun ketika aktifitas belajar mengajar dimulai kembali, Sekolah juga diharapkan dapat menjadi sebuah tempat perjumpaan yang menyenangkan, dimana akan ditemukan kasih sayang antara guru dan siswa, siswa dengan siswa, serta siswa, guru dan lingkungan sekolah.(ntt-ym)