Update Data Covid-19 Belu, 48 ODP Selesai Pemantauan

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlineniw.com – Update data monitoring dari wilayah kerja 17 Puskesmas yang tersebar di 12 Kecamatan Kabupaten Belu, Minggu 18 April 2020 pukul 14:00 Wita jumlah Pelaku Perjalanan Berisiko dalam pantauan sebanyak 532 orang menurun sebesar 37 orang dari jumlah kemarin sebanyak 569 orang.

Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 64 orang, berkurang 48 orang karena telah selesai masa pemantauan, dan total ODP 16 orang per data Minggu hari ini. Sementara pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 nihil.

Demikian rilis data Covid-19 oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Belu Cristoforus M. Loe Mau yang diterima media, Minggu (19/4/2020).

Meski data monitoring PDP dan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Belu nihil, Pemerintah Kabupaten Belu mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tetap waspada.

Dimaksud waspada, warga terus menjalankan pola hidup sehat, berdiam diri dirumah saja, atau menjaga jarak fisik apabila bertemu orang lain, tidak boleh bersentuhan atau membatasi interaksi fisik, menghindari kerumunan orang dan selalu membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan sabun.

Dihimbua kepada warga Kabupaten Belu yang baru pulang dari luar daerah terutama daerah yang terinfeksi Covid-19 agar melaporkan diri ke Posko Gugus Tugas melalui call center 081238654568 yang aktif 24 jam untuk selanjutnya mengikuti arahan petugas termasuk mengisolasi diri, lindungi diri, lindungi sesama.

Sesuai arahan Presiden Republik Indonesia, World Health Organization (WHO) menganjurkan agar semua masyarakat menggunakan masker. Untuk masker N95 dikhususkan kepada Tenaga Medis sedangkan masyarakat dapat memakai masker kain yang dijahit dan selalu dicuci.