Pakai Water Canon, Polres TTU Lakukan Pemyemprotan Disinfektan Keliling Kota Kefamenanu

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Kepolisian Resor (Polres) Timor Tengah Utara (TTU), terus melakukan berbagai upaya pencegahan mewabahnya Virus Corona atau Covid-19 di kabupaten setempat. Diantaranya, penyemprotan disinfektan dalam kota Kefamenanu menggunakan 1 unit mobil water canon.

Kapolres TTU, AKBP Nelson Felipe Dias Quintas S.I.K, melalui Wakapolres, Kompol Yeter B. Selan mengatakan, Kegiatan penyemprotan merupakan kegiatan nasional sebagai upaya pencegahan berkembangnya virus Corona.
“Kegiatan penyemprotan ini kegiatan secara nasional yang dilakukan di seluruh Indonesia dan tidak ketinggalan di kabupaten TTU, melalui tim terpadu yang disponsori langsung oleh Pemerintah Daerah”, Kabupaten TTU, kata Selan kepada para awak media di Polres TTU, Selasa (31/03/2020).

Dijelaskannya, penyemprotan dilakukan dengan sasaran tempat – tempat yang ramai. “Upaya kami melakukan penyemprotan di wilayah kota Kefamenanu, dengan sasaran tempat – tempat yang diduga merupakan tempat berkumpulnya masyarakat. Antara lain, jalan umum, pasar, terminal dan pertokoan. Kegiatan ini kami buat untuk dapat mencegah berkembangnya virus corona atau covid 19 yang mungkin saja tidak menutup kemungkinan bisa ada di wilayah TTU”, jelas Selan.

Penyemprotan disinfektan menurut Selan akan dilakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan sampai dengan dicabutnya status physical distancing.

“Kami dari Polres TTU juga hingga saat ini masih terus menghimbau masyarakat untuk tidak membuat kegiatan yang melibatkan banyak orang dan hal – hal lain yang bisa mendatangkan peluang penyebaran Covid-19”, ujarnya.

Hal senada dingkapkan Kasdim 1618/TTU, Mayor Inf Achmad Hartono, yang juga terlibat sebagai tim terpadu TTU.
“Virus corona adalah musuh kita bersama sehingga kita dari kodim, dari Batalyon, Dinkes bersatu, bekerjasama menanggulangi wabah virus corona agar tidak menyebar di wilayah TTU”, singkat Hartono.

Sementara dari Dinas Kesehatan TTU, yang diwakili Kabid P2 (Pengendalian Penyakit), Theofilus Bifel mengatakan, Kegiatan penyemprotan dan koordinasi akan terus dilaksanakan Dinkes. “Kegiatan – kegiatan ini bukan hanya sebatas hari ini. Kita akan tetap melakukan koordinasi dan melakukan kegiatan ini sampai batas waktu yang ditentukan. Dan sebelumnya juga, kami dari Dinkes sudah melakukan kegiatan ini. Awal kita melakukan pencegahan yang sudah ditentukan titiknya. Kita lakukan penyemprotan disinfektan ke kendaraan – kendaraan yang masuk dan keluar di kabupaten TTU. Sehingga dari situ kita bisa mencegah kasus virus corona secara bersama”, jelas Bifel.