Bethesda Yakkum Yogya dan Pemkab Belu Teken MoU Cegah Penularan HIV-AIDS

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – UPKM/CD Bethesda Yakkum Yogyakarta teken nota kesepahaman dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belu tentang program pencegahan terpadu penularan HIV dan Aids di wilayah Belu.

Tandatangan MoU terkait program tersebut langsung oleh Direktur UPKM/CD Sri Bayu Sela Adji dan Bupati Belu, Willybrodus Lay pada Kamis tanggal 19 Maret 2020 lalu di Atambua wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL.

Hal tersebut disampaikan Kordinator CD Bethesda Yakkum wilayah Belu, Yosefat Ician kepada media, Senin (22/3/2020).

Menurut dia, pasca tandatangan MoU akan dilanjutkan dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara UPKM/CD Bethesda Yakkum dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Belu.

Bethesda Yakkum Yogya dan Pemkab Belu Teken MoU Cegah Penularan HIV-AIDS

“Perjanjian Kerja Sama sedang dalam proses penyelesaiaan,” ujar Yosefat.

Dijelaskan bahwa, PKS merupakan penjabaran dari MoU, dimana memuat hal-hal lebih detail dan rinci. Menyangkut misal penceghan secara struktural, pencegahan secara biomedical, dan pencegahan melalui perilaku.

“Selain itu, berkaitan hak dan kewajiban maupun mekanisme monitoring, evaluasi serta pertanggungjawaban,” kata Yosefat.

Melalui penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Belu dengan UPKM/CD Bethesda Yakkum dapat memberikan informasi tentang program pencegahan terpadu penularan HIV dan Aids yang dilakukan Bethesda Yakkum, dan memaparkan perkembangan kebijakan pencegahan dan penanggulangan HIV dan Aids yang dilakukan Pemkab, Kecamatan dan Desa di wilayah Kabupaten Belu.