Imigrasi Atambua Batasi Pelintas WNA Timor Leste Tujuan Wisata

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Pihak Imigrasi Kelas II TPI Atambua membatasi sementara pelintas WNA asal Negara Timor Leste ke Indonesia melalui PLBN Mota’ain yang bertujuan wisata atau traveling.

Kebijakan tersebut ditetapkan menyusul adanya pembatasan pelintas WNI tujuan Timor Leste oleh Negara tetangga sebagai upaya mencegah penyebaran serta melindungi warga dari resiko virus Corona atau Covid-19.

Hal itu disampaikan Kepala Imigrasi Atambua, K.A Halim didampingi Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Provinsi NTT, Mercyana Djone dan Kepala Bea Cukai Atambua, Tribuana Wetangterah dalam konferensi pers di Atambua, Jumat (20/03/2020) sore.

Dijelaskan, pihak Imigrasi hanya memberikan izin masuk bagi WNA untuk kepentingan diplomatik atau pemegang paspor Dinas, juga WNA yang memiliki kepentingan internasional seperti PBB serta WNA yang memiliki kepentingan khusus berkaitan dengan upaya pecegahan virus Corona.

“Kita selektif, WNA yang masuk ke Indonesia untuk tujuan wisata, jalan-jalan kita tolak. Kecuali WNA kawin campuran Indonsia-Timor Leste, para eksportir, diplomatik yang memiliki kelengkapan passport dan dokumen keimigrasian, juga petugas badan PBB serta pelintas batas yang memiliki urusan penting dan sifatnya darurat,” terang dia.

Menurut Halim, PLBN dan PLB Indonesia dalam wilayah kerja Kantor Imigrasi Atambua tidak berlakukan lockdown karena belum ada perintah dari pemerintah pusat.

“Kita hanya membatasi akses pelintas WNA yang masuk ke Indonesia sesuai dengan instruksi Gubernur NTT. Hal ini dalam rangka pencegahan virus corona,” ujar dia.

Masih menurut Halim, pihaknya melarang pelintas batas yang tujuannya wisata atau traveling maupun jalan-jalan ditunda sementara sampai batas waktu yang telah ditentukan serta larangan bagi pelintas batas dalam hal ini WNA yang memiliki cacatan visa kunjungan sebelumnya ke negara pandemi covid-19 lebih dari 14 hari.