Antisipasi Wabah Corona, DPRD dan Pemkot Sepakat Gunakan Anggaran Mendahului

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Ketua DPRD Kota Kupang, Yeskial Loudoe mengatakan Pemerintah Kota, atau Pemkot Kupang bersama DPRD Kota Kupang sepakat untuk menggunakan anggaran mendahului untuk penanganan masalah Virus Corona, atau Covid-19.

Kepada wartawan Kamis, (19/02/2020) di Gedung DPRD Kota Kupang, Yeskiel Loudoe mengatakan, akan mengundang pemerintah Kota Kupang untuk menggelar rapat bersama, untuk penggunaan anggaran mendahului, untuk pencegahan virus ini. Dalam rapat itu DPRD dan pemerintah akan membahas peralatan-peralatan kesehatan, seperti deteksi suhu tubuh dan alat lainnya, yang ditempatkan di beberapa tempat atau sarana pelayanan publik, agar ketika mayarakat datang, semuanya bisa diperiksa dan dideteksi

Menurutnya, selain membeli alat pengukur suhu tubuh, tetapi bila perlu pemerintah menyiapkan masker dan handsenitizer atau cairan mencuci tangan untuk semua masyarakat.

Dia mengatakan, bagi pejabat dan semua masyarakat di Kota Kupang, yang baru pulang dari tugas atau kunjungan di luar NTT atau baru selesai melakukan perjalanan dari daerah endemik, maka harus diperiksa dan memastikan kondisi tubuhnya.

Sementara Penjabat Sekretaris Daerah Kota Kupang, Elvianus Wairata, mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang, akan menggelar rapat bersama, untuk membahas upaya-upaya pencegahan. Namun upaya yang dilakukan membutuhkan anggaran, karena itu pemerintah akan membahas bersama DPRD terkait penggunaan anggaran mendahului Sidang APBD Perubahan.

Menurutnya, fenomena virus corona yang terjadi saat ini memang diluar prediksi, sehingga pemerintah Kota Kupang belum menyiapkan anggaran khusus untuk penanganannya. Namun pemerintah sudah mendapat sinyal dari
DPRD terkait penggunaan angggaran mendahului.

Terkait berapa jumlah anggaran yang dibutuhkan, Wairata mengaku belum mengetahui dan belum bisa memastikan, karena rapat bersama DPRD belum dilaksanakan, karena masing menyusun langkah-langkah apa saja yang akan ditempuh. (ntt-ym)