Resmi, Bupati Belu Larang ASN ke Luar Daerah Cegah Penyebaran Virus Covid-19

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Larangan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkup Pemkab Belu untuk ke luar daerah provinsi resmi dikeluarkan oleh Bupati Belu, Willybrodus Lay.

Larangan itu tertuang dalam surat bernomor BKPSDMD.870/277/III/2020 kepada setiap Organiasasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemda Belu yang ditandatangani Wakil Bupati Belu, J.T Ose Luan, Jumat 13 Maret 2020 lalu.

Perihal larangan menyebutkan, dengan mewabahnya Virus Corona atau COVID-19 di Indonesia, maka Pemda Belu melarang semua ASN dilingkup Pemda Belu untuk melakukan perjalanan dinas luar provinsi dengan batas waktu yang tidak ditentukan, demi menghindari terjadinya penularan Virus Corona atau COVID-19 pada masyarakat Kabupaten Belu.

Kepada NTTOnlinenow.com, Bupati Willy Lay menuturkan, larangan kepada ASN ke luar daerah provinsi untuk menghindari terjangkitnya virus Corona kepada pejabat Belu yang keluar daerah.

Dikatakan, mulai Senin hari ini diumumkan tidak ada pejabat OPD Belu yang melakukan kunjungan kerja keluar daerah provinsi. Hal itu demi menghindari pendemik Corona.

Ketika disinggung soal rencana Gubernur NTT akan menutup sementara pintu PLBN perbatasan RI dengan Timor Leste jelas Lay, hari ini rapat keputusan bersama di Kupang akan diputuskan, tentu dengan berbagai pertimbangan kemanusiaan itu harus dilihat juga.

“Keputusannya, akan diputuskan hari ini jam 1 melalui rapat. Pak Wakil, Pak Dandim, Pak Kapolres sudah berangkat ke Kupang ikut rapat bersama.

Dihimbau kepada masyarakat Belu, selalu jaga kebersihan diri dalam rumah dan lingkungan sekitarnya, dan kita ikuti saja instruksi Pemerintah Pusat. Walaupun kita bertemu hanya mengangguk atau angkat tangan sudah tahu kita bersalaman untuk menghindari kontak.

“Himbau kepada masyarakat Belu agar jangan sebarkan hoax dan panik. Sering cuci tangan, dan untuk anak-anak sekolah usai sekolah mereka stay di rumah saja, diawasi orang tua belajar di rumah saja,” ungkap Lay.