Satgas RI-RDTL Yonif R 142/KJ Gelar Baksos Ringankan Beban Warga Belu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ kembali menggelar kegiatan bakti sosial di Desa Leon Kecamatan Raimanuk Kabupaten Belu wilayah Timor Barat.

Kegiatan peduli terhadap sesama dalam rangka meringankan beban kesulitan masyarakat yang berada di wilayah perbatasan Negara Indonesia dengan Timor Leste.

Demikian Dansatgas Pamtas Yonif R 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin dalam rilis tertulisnya yang diterima media, Rabu (11/3/2020).

Dikatakan, bakti sosial yang diselenggarakan oleh tim kesehatan Satgas pada Selasa (10/3) kemarin bertujuan untuk membantu meringankan beban kesulitan masyarakat di perbatasan RI-RDTL.

“Bakti Sosial yang kami gelar adalah dibidang kesehatan berupa pelayanan kesehatan yang terdiri dari pemeriksaan dan pengobatan gratis, khitanan massal serta berbagi bingkisan,” ujar dia.

“Semua kegiatan kami selenggarakan sendiri, tapi tentunya melalui koordinasi bersama Satkowil (Satuan Komando Kewilayahan) setempat serta pihak Pemerintahan terkait,” sambung Ikshanudin.

Lebih lanjut dikatakan, dengan pimpinan Letda Ckm dr. Diggivio bersama tim kesehatan Satgas serta didukung 13 anggota lainnya, mereka menyelenggarakan kegiatan khitanan massal, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan serta pembagian bingkisan.

“Kami berhasil mengkhitan 30 orang anak, melayani 64 orang warga yang mengeluhkan berbagai macam sakit, serta membagikan bingkisan untuk 83 warga sekitar,” tutur dia.

Menurut dia, berbagai macam penyakit yang dikeluhkan masyarakat sekitar, diantaranya sakit pinggang, maag, kulit, demam, darah tinggi, sakit kepala serta influenza.

“Semoga kehadiran Satgas dapat menjadi solusi serta memberikan manfaat secara langsung dengan pelayanan kesehatan hingga ke pelosok perbatasan RI-RDTL,” harap Ikshanudin.

Salah seorang warga bernama Bapak Sulaiman menyampaikan bahwa kegiatan Bakti Sosial yang diselenggarakan sangat bermanfaat bagi masyarakat perbatasan RI-RDTL.

“Bakti Sosial ini sangat membantu kami warga Desa Leon, dari mulai pemeriksaan kesehatan dan pengobatan, sunatan dan bingkisan yang diberikan oleh bapak-bapak dari Satgas,” ungkap dia.