SOPAN Minta Pemerintah Tindak Tegas PT Setia Jaya Nirwana

Bagikan Artikel ini

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Menyikapi soal pekerjaan PT Setia Jaya Nirwana perusahan yang bergerak dibidang jasa kontraktor, Solidaritas Perempuan dan Anak (SOPAN) Sumba NTT meminta agar pemerintah menindak tegas persoalan upah buruh yang hingga saat ini belum dibayar oleh PT Setia Jaya Nirwana.

“Persoalan pekerjaan jalan di Kecamatan Tabundung TA 2019 sampai hari ini perusahan belum membayar upah buruh, padahal masalah ini sudah dimediasi di Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) dengan memanggil Direktur PT Setia Jaya Nirwana (Elvis Karwelo) tapi tidak hadir hingga sampai saat ini belum mendapat titik temu,”kata Aktifis SOPAN Martha Hebi Rabu (11/3/2020).

Menurutnya, dari masalah upah buruh ini pihaknya meminta perhatian pemerintah serta upaya pencegahan munculnya persoalan buruh dan pengusaha karna ada catatan penting untuk diperhatikan pemerintah provinsi NTT, Kabupaten Sumba Timur dan DPRD NTT.

Selain masalah upah buruh yang belum terbayar, pihaknya meminta Gubernur NTT perlu meninjau pekerjaan proyek APBD I khususnya di Kecamatan Tabundung yang dikerjakan PT Setia Jaya Nirwana jika pekerjaannya bersengketa maka pihaknya menyarankan agar tidak diberi kesempatan dalam tender proyek APBD I.

“Ini harapan kami karna ada beberapa statement Gubernur yang cukup keras atau kecam antara lain terhadap orang-orang kecil maka kami menanti tanggapan Gubernur NTT terhadap kinerja kontraktor terutama soal APBD I,”ujarnya.

Martha meminta, dalam persoalan ini Pemerintah Provinsi NTT, DPRD dan Pemerintah Kabupaten Sumba Timur untuk memantau pekerjaan proyek yang dikerjakan PT Usaha Karya Buana KSOP PT Setia Jaya Nirwana sebagai bagian dari tanggung jawab kepada rakyat.