Dandim 1601 Sumba Timur Buka Latihan Teknis Teritorial

Bagikan Artikel ini

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Komandan Distrik Militer (Dandim) 1601 Kabupaten Sumba Timur NTT Letkol Inf.Johan A.P Marpaung, S.Ip membuka Latihan Teknis Teritorial TA 2020 bertempat di aula Makodim 1601 Sumba Timur yang diikuti oleh 90 orang.

Letkol Inf.Johan A.P Marpaung dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan latihan dan pembekalan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan satuan jajaran Kodim 1601 Sumba Timur agar handal dalam melaksanakan tugas di satuan kewilayahan.

“Lima kemampuan terhadap seluruh anggota Babinsa dan diharapkan kepada semua anggota Babinsa untuk menguasai materi tersebut dalam pelaksanaan tugas dilapangan dengan mengutamakan faktor keamanan,”jelasnya.

Selain itu kata dia, mulai dari kemampuan temu cepat dan lapor cepat, manajemen teritorial, penguasaan wilayah, pembinaan perlawanan rakyat dan kemampuan komunikasi sosial serta memiliki SDM yang memadai sehingga mampu berperan sebagai dinamisator dan lebih aktif berperan dalam menciptakan lingkungan yang aman dan stabil.

“Untuk itu gunakan kegiatan ini sebagai wahana untuk meningkatkan kemampuan deteksi dini dan cegah dini serta ketajaman analisis terhadap situasi yang berkembang di masyarakat,”uangkapnya.

Lekol Johan menambahkan, seperti saat ini di Kabupaten Sikka salah satu daerah Kejadian Luar Biasa (KLB) Demam Berdarah D sehingga kita perlu waspada di wilayah Kabupaten Sumba Timur seperti yang terjadi akhir-akhir ini virus Corona yang harus diwaspadai.

“Maka untuk terhindar dari penyakit tersebut kita harus bersih dengan menjaga kebersihan karna penyakit itu dapat menular melalui kontak fisik dengan orang yang terkena virus,”ujarnya.

Letkol Johan menyampaikan, denga dibukannya latihan tekhnis teritorial, pihaknya mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang mengikuti latihan tekhnis teritorial agar semua materi yang diberikan dapat di pahami dengan baik.