Kaskogabwilhan II Kunjungi Wilayah Perbatasan RI-RDTL

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kaskobagwilhan ) II, Mayjen TNI Joko Warsito mengunjungi Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ di Umanen, Kecamatan Atambua Barat, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL, Senin (2/3/2020).

Mayjen Joko bersama rombongan para Perwira didampingi Danrem 161/WS Brigjen TNI Syaful Rahman, Dandim 1605/Belu Letkol Inf. Ari Dwi Nugroho disambut Dansatgas 142/KJ Letkol Inf. Ikhsanudin lanjut jajar kehormatan oleh prajurit Satgas dan tarian Likurai SMA IV Umanen.

Menurut Joko, kunjungan dirinya ke wilayah perbatasan Indonesia bagian tengah hingga selatan ke perbatasan RI-RDTL ingin memastikan tugas Satgas dilakukan dengan baik, direncanakan dengan baik hingga nanti digantikan juga dengan baik.

Lanjut dia, salah satu indikator baik kalau Satgas ini diterima dengan baik oleh masyarakat dan masyarakat merasa terbantu dengan adanya kehadiran Satgas ini. Demikian juga dengan Pemerintah Daerah merasa terbantu dengan adanya Satgas dalam melaksanakan tugas-tugas, sekaligus menjaga batas wilayah perbatasan kita dengan Negara RDTL, intinya itu.

Kesempatan itu ditegaskan kepada Satgas agar melaksanakan tugas dengan seoptimal mungkin tidak ada tidak boleh terjadi kolusi dalam mengawal perbatasan. Tidak boleh ada penyelundupan-penyelundupan yang itu illegal.

“Semua harus tertata, semua harus legal, ada aturannya semua. Harus digunakan pos pos perbatasan itu dengan baik, tidak boleh disalahgunakan dan itu harus ditegakkan,” ingat Perwira Bintang Dua itu.

Ketika ditanyai terkait maraknya aksi illegal jelas dia, ini adalah salah satu tugas pengaman perbatasan. Kita juga masih belum cermat untuk mengendalikan penduduk kita yang kesana yang illegal, jadi betul-betul harus saling menjaga.

“Kita selalu berkoordinasi dengan pemerintahan RDTL sesuai dengan levelnya, yang perbatasan dengan pam perbatasan dan mereka juga saling koordinasi saling menjaga sehingga tidak terjadi pelanggaran perbatasan,” ujar dia.

Berkaitan dengan batas wilayah perbatasan dua negara yang belum terselesaikan jelas Joko, saat ini sedang terus dikomunikasikan antara Pemerintah Indonesia dengan Timor Leste.

“Ini sesuai dengan tingkatannya. Dari Kemenpolhukam juga ada komunikai, dari Kemendagri. Emang menunggu waktu, mudah-mudahan tidak lama sudah ada keputusan-keputusan yang nanti sudah lebih clear terutama menyangkut beberapa sengketa tanah perbatasan atau patok perbatasan,” pungkas dia.

Untuk diketahui, sebelumnya Selanjutnya, Kaskogabwilhan II Mayjen TNI Joko didampingi para Perwira meninjau Pos Salore Satgas Yonif Raider 142/KJ di wilayah Kecamatan Tasifeto Timur. Sebelumnya juga telah meninjau pulau Batek dan Pos Oepoli Satgas RI-RDTL Sektor Barat Yonif 132/BS di wilayah Kabupaten TTU perbatasan dengan Distric Oecusse-Timor Leste.