69 Tahun Mengabdi Untuk Negeri, YAPMAS Sumba Timur Gelar Ulang Tahun

Bagikan Artikel ini

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Selama 69 tahun mengabdi sebagai lembaga pendidikan untuk negeri, Yayasan Persekolahan Masehi (YAPMAS) Kabupatn Sumba Timur NTT menggelar ulang tahunnya ke 69 yang dilaksanakan pada Senin 2 Maret 2020 malam di Gedung Ibadah Gereja Payeti Waingapu.

Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sumba Timur, Dandim 1601 Sumba Timur, Forkopimda, para tokoh agama, masyarakat dan pemuda serta para undangan lainnya yang bernuansa persaudaraan.

Sekda Sumba Timur Domu Warandoy dalam sambutannya menyampaikan, ucapan selamat berbahagia atas bertambahnya umur YAPMAS di Sumba Timur untuk memasuki masa-masa pembenahan dan pemulihan setelah sekian lama YAPMAS berada di pulau Sumba.

Menurutnya, YAPMAS merupakan salah satu Yayasan tertua di pulau Sumba yang menaungi kurang lebih 168 sekolah dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA yang tersebar di pulau Sumba namun sebagai sebuah yayasan yang sudah berkiprah sekian puluh tahun diera milenial ini YAPMAS dituntut untuk menunjukan banyak perubahan yang substansial dan kontruktif.

“Maka momentum peringatan Ultah ini harus dijadikan kesempatan untuk menata kembali manajemen dan mengembangkan peran strategis internal demi kemajuan pendidikan di Sumba Timur,”kata Warandoy.

Ia mengatakan, momentum ulang tahun dan serangkaian kegiatan kiranya dapat lebih memperkuat kembali ikatan solidaritas antara sekolah-sekolah, para guru dan yayasan terutama antara yayasan dan GKS karna YAPMAS berada dalam naungan sinode GKS.

“Jadi kecintaan, komitmen dan ketulusan para guru YAPMAS harus menjadi panutan bagi para tenaga pendidik dan pengelola YAPMAS itu sendiri,”ujarnya.

Warandoy menambahkan, Pemerintah Kabupaten Sumba Timur sangat mendukung setiap upaya yang dilakukan oleh YAPMAS dan juga lembaga-lembaga non pemerintah lainnya demi peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan pendidikan masyarakat yang tercinta ini.