195 Kelompok Tani Dapat Bantuan Mesin Pertanian, Bukti Perhatian Pemkab Sumba Timur

Bagikan Artikel ini

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Sebanyak 195 kelompok tani (Poktan) mendapat bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) yang diserahkan langsung secara simbolis oleh Bupati Sumba Timur dihalaman Kantor Bupati Sumba Timur Rabu (26/2/2020)

Penyerahan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani (Poktan) berupa, Handtraktor 145 unit, Power Thresher atau perontok 30 unit, mesin giling jagung multi guna 15 unit dan Cultivator 5 unit yang dihadiri oleh Sekda Sumba Timur Domu Warandoy serta Plt. Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Sumba Timur

Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Sumba Timur NTT Oktavianus Mbaku Muku, SP, M.Si Kamis (27/2/2020) mengatakan, bantuan yang diserahkan kepada 195 Poktan adalah komitmen Pemerintah Kabupaten melalui Bupati Sumba Timur yang visi misinya adalah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di pedesaan.

“Ini sebagai perwujudan dari visi misi Bupati terpilih periode lalu dalam membangun ekonomi masyarakat kecil di pedesaan,”ungkapnya.

Oktavianus menambahkan, jika kita bicara soal ekonomi masyarakat sekarang ini yang kurang beruntung atau dikatakan miskin itu berada di Desa yang namanya Poktan maka kelompok-kelompok inilah yang ingin kita tingkatkan ekonominya melalui alat bantu mesin pertanian.

Ia menegaskan, pemberian Alsintan kepada Poktan bukan milik ketua kelompok atau sekretaris tetapi alat ini diberikan untuk dipergunakan oleh semua kelompok tani maka kelompok tani yang ada didalamnya dapat menikmati fungsi dari alat itu sehingga lahan mereka yang terlambat diolah dapat diolah dengan baik serta lahan yang sempit dapat diperluas

“Jadi dengan bantuan Alsintan ini, Dinas tidak akan lepas tanggung jawab tetapi Dinas terus memantau perkembangan dilapangan bilamana alat ini tidak dipergunakan dengan baik maka Dinas Pertanian akan melakukan sebuah tindakan atau sanksi teguran bahkan mungkin kita akan melakukan penarikan kembali atau relokasi alat kepada kelompok yang lain,”tandas Oktavianus

Bupati Sumba Timur Drs. Gidion Mbilijora, M.Si menyampaikan, penyerahan bantuan mesin alat pertanian ini kepada Poktan bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat pedesaan dalam melakukan aktifitas pertanian.

“Tentunya dengan bantuan mesin alat pertanian ini saya harap Poktan dapat memenuhi taraf hidup yang lebih baik dari hasil pertanian yang didapatkan,”kata Gidion.

Ia meminta dengan bantuan alat pertanian ini agar petugas penyuluh pertanian terus melakukan pendampingan kepada para petani disetiap pedesaan atau kecamatan teruatama terkait persoalan di persawahan.

“Saya harap bantuan yang diberikan pemerintah ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan maksimal,”ujarnya.