Ditetapkan Sebagai Tersangka, Berkas Gregorius Taneo yang Hina Pejabat Gereja Dikirim Ke Kejaksaan

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Penyelidik Polsek Insana telah merampungkan berkas perkara dugaan tindakan penghinaan terhadap Pejabat Gereja Katolik, Romo Donatus Tefa, Proleh Gregorius Taneo alias Goris.

Gregorius Taneo yang sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut, berkasnya dikirim ke Kejaksaan Negeri Kefamenanu, pada Senin (24/02/2020).

“Jadi untuk kasus Gregorius Taneo, yang bersangkutan sudah diperiksa pada Selasa (11/02/2020). Usai diperiksa, Taneo yang awalnya berstatus sebagai saksi, langsung kita tetapkan menjadi tersangka. Berkas sudah kita kirim ke Kejaksaan Negeri Kefamenanu pada Senin (24/02/2020),” kata Kanitres Polsek Insana, Bripka Andrianus Lou, SH kepada media ini, Rabu (26/02/2020).

Baca juga : Uskup Dominikus Minta Polsek Insana Serius Tangani Kasus Penghinaan Terhadap Imam Katolik 

Diharapkan, berkas tersebut segera ditindaklanjuti Kejari Kefamenanu. “Kita menunggu keputusan jaksa, apakah P21, sudah lengkap atau masih P19, perlu diperbaiki lagi ,” ujar Kanitres yang akrab disapa Andi Lou.

Sebelumnya diberitakan, Gregorius Taneo dipolisikan umat Paroki Kiupukan ke Polsek Insana, lantaran telah melakukan tindak pidana penghinaan terhadap pejabat Gereja Katolik di depan umum.

Atas kasus tersebut, pelapor, korban dan beberapa saksi telah diambil keterangan.

Uskup Keuskupan Atambua, Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr juga meminta Aparat Penegak Hukum di Polsek Insana agar kasus tersebut ditangani secara profesional, sesuai aturan hukum yang berlaku.