Jenazah Praka Anumerta Yanuarius Loe Tiba di Rumah Duka Disambut Tangis Warga

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Jenazah almarhum Praka Anumerta Yanuarius Loe disambut isak tangis keluarga besar serta warga Desa Rinbesihat saat penjemputan, Rabu (19/2/2020).

Jenazah almarhum Prajurit Yonif 725/Woroagi yang gugur dalam tugas di Provinsi Papua itu dijemput ratusan warga di desa Leontolu batas Kabupaten Belu dan Malaka.

Sontak tangis warga pecah saat kedatangan mobil jenazah tempat penjemputan. Selanjutnya mobil jenazah diiring warga ke menuju rumah duka (rumah orang tua kandung) di Desa Rinbesihat sekitar empat kilometer dari titik awal penjemputan.

Jenazah almarhum Praka Anumerta Yan Loe tiba di rumah duka sekitar pukul 00.10 Wita, setelah menempuh jalan darat dari Kupang. Lalu lanjut upacara penyerahan jenazah secara militer dari Kodam asal ke Kodim 1605/Belu diterima Dandim 1605 Belu, Letkol Inf Ari Dwi Nugroho.

Usai upacara penyerahan isak tangis warga pecah kedua kalinya saat peti jenazah Praka Anumerta Yan Loe dipikul sejumlah prajurit TNI dari mobil dibawah ke tempat yang telah disiapkan keluarga untuk almarhum dibaringkan.

Sanak keluarga dan warga sembari menangis memeluk peti janazah Praka Anumerta Yan Loe yang merasa sedih dan kehilangan dengan sosok putra pasangan Fransiskus Loe dan Elibaset Dahu.

Letkol Inf Ari Dwi Nugroho kepada media di rumah duka mengatakan, selama tiga hari jenazah Praka Anumerta Yanuarius Loe disemayamkan di rumah duka.

Selanjutnya pada Jumat siang (21/2/2002) sekitar pukul 14.00 Wita akan dimakamkan, Jumat (21/2/2020) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Seroja Haliwen-Atambua secara militer.

Rencana prosesi pemakaman telah dipersiapkan. Diketahui sejak pagi anggota Kodim Belu sudah mulai melakukan penggalian dan persiapan lain di TMP Seroja, Kabupaten Belu, NTT wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL.

Almarhum Praka Yanuarius Loe dikalangan keluarga dan warga, almarhum dikenal sosok yang tenang, peramah dan murah senyum.

Praka Yan Loe rajurit TNI selama enam tahun, dan saat ini anggota di Yonif 725/Woroagi di Boro-boro, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara di bawah Kodam XIV/Hasanuddin-Korem 143/Halu Oleo.

Sementara itu, sejak kemarin warga di wilayah Rinbesihat mengibarkan bendera merah putih setengah tiang. Bendera setengah tiang akan dikibarkan selama sepekan hingga Sabtu 22 Februari 2020 sebagai bentuk belasungkawa kepada almarhum Praka Yanuarius Loe.