Kodim 1605/Belu Dukung Organisasi PSHT Bersihkan Lingkungan di Jalur Jati Nenuk

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.comKodim 1605/Belu melalui Koramil 1605-01/Atambua dan Koramil 1605-06/Halilulik mendukung organisasi bela diri PSHT Cabang Belu membersihkan lingkungan di jalur hutan jati Nenuk, Jumat pagi (14/2/2020).

Kegiatan kerja bakti Jumat bersih di wilayah Koramil 1605-01/Atambua, Kelurahan Fatukbot, Kecamatan Atambua Selatan, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL yang ketiga kali dilalukan sebagai wujud kepedulian terhadap kebersihan lingkungan.

Menurut Danramil 1605-01/Atambua, Mayor Kav Yatman, sasaran yang dikerjakan membersihan sampah sepanjang jalan Trans Lintas Timor Kawasan Hutan Motabuik dan Hutan Jati Nenuk lantaran kondisinya yang memprihatinkan ulah pembuangan sampah sembarang oleh oknum tidak bertanggung jawab.

“Koramil 01 Atambua dan Koramil 06/Halilulik berkoordinasi dengan PSHT dan sepakat bersama membersihkan sampah di lokasi pembersihan. Animo warga masyarakat Kota Atambua kususnya para anak anak muda yang melakukan olah raga lari /joging di kawasan itu cukup tinggi, sehingga kawasan tsb menjadi bersih dan nyaman,” ujar dia.

Jelas Yatman, kita ketahui bersama bahwa organisasi bela diri PSHT yang ada di Indonesia telah banyak berkontribusi mengharumkan nama bangsa Indonesia dalam perhelatan olah raga, baik di tingkat nasional maupun internasional. Namun selama ini sebagian masyarakat Kabupaten Belu masih menganggap keberadaan mereka meresahkan warga.

Menyikapi masalah ini lanjut Yatman, Koramil 1605-01/ Atambua dan Koramil 1605-06/ Halilulik berkoordinasi dengan organisasi PSHT untuk melakukan kegiatan yang positif bagi masyarakat.

“Hal ini dilakukan sebagai upaya pembinaan teritorial, guna mengajak dan mempengaruhi mereka memperbaiki citranya di mata masyarakat, dengan melakukan berbagai kegiatan positif dan bermanfaat,” ucap dia.

Tambah dia, selama ini sudah banyak hal positif yang dilakukan oleh PSHT bersama Koramil 1605-01/Atambua dan Koramil jajaran Kodim 1605/Belu, antara lain bakti sosial pemberian santunan kepada panti asuhan, bantuan jambanisasi, gerakan penghijauan, pembersihan lingkungan dan lain-lain.

Kegiatan-kegiatan yang bersifat positif ini sebut Yatman, tidak hanya sampai disini saja, karena pihak PSHT yang disampaikan oleh Ketua Cabang Kabupaten Belu, Ruben Tavares telah berkomitmen untuk banyak melakukan kegiatan sosial dan kegiatan positif lainya kepada masyarakat.

“Kita akan selalu mensuport kegiatan positif yang yang dilakukan PSHT. Kami berharap organisasi bela diri lainya yang ada di Atambua dan sekitarnya juga melakukan kegiatan serupa sehingga memiliki citra positif dan memberi manfaat di tengah masyarakat,” ungkap dia.

Sementara itu, Danramil 1605-06/Halilulik Kapten Inf Jemri Mamengko tambahkan kegiatan yang dilakukan oleh PSHT dan TNI jajaran Kodim 1605/Belu adalah kegiatan yang nyata dilakukan untuk memberikan azas manfaat bagi masyarakat banyak dan harus ditingkatkan.