Kodim 1601 Sumba Timur bersama Warga Kambajawa Lakukan Penghijauan

Bagikan Artikel ini

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 1601 Sumba Timur bersama warga masyarakat Kelurahan Kambajawa, Kecamatan Kota Waingapu kembali melakukan penghijauan bertempat di tanah milik TNI AD.

Kegiatan penghijauan dengan menanam sebanyak 700 anakan pohon yakni, Kelor, Trambesi dan Cendana yang melibatkan Kodim 1601 Sumba Timur, Perwira staf jajaran Kodim 1601 Sumba Timur, Danramil 1601-05 Kota Waingapu, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, Pemerintah Kecamatan dan warga masyarakat Kelurahan Kambajawa.

Dandim 1601 Sumba Timur Letkol Inf. Johan A.P Marpaung, S.Ip Selasa (4/2/2020) mengatakan, penanaman yang dilakukan bersama warga Kambajawa selain dalam rangka penghijauan juga memberikan edukasi kepada warga masyarakat untuk menumbuh minat menanaman pohon.

“Jadi kegiatan menanam pohon ini dilakukan untuk menumbuh minat warga masyarakat agar gemar menanam pohon karna ini salah satu program pemerintah berkelanjutan,”kata Letkol Johan.

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan sebagai komitmen TNI dan masyarakat untuk menjaga lingkungan agar tetap hijau dan juga dapat diwariskan kepada generasi penerus bangsa bahkan merupakan kewajiban kita bersama guna menjaga dan melestarikan lingkungan.

Selain itu kata dia, penanaman pohon ini sebagai pelindung yang memiliki beberapa manfaat antara lain sebagai pengatur lingkungan karna vegetasi dapat menyerap polusi dan menyaring debu sehingga dapat menciptakan ruang hidup bagi setipa makhluk hidup yang ada di bumi.

“Saya berharap gerakan menanam pohon ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya untuk lebih mencintai alam dengan menjaga kelestarian, semoga melalui kegatan ini tumbuh kesadaran masyarakat untuk menanam di lahan yang gersang agar hijau kembali,”ucap Letkol Johan.