Pengadilan Agama Maumere Jalin Kerjasama Dengan LBH Surya NTT

Bagikan Artikel ini

Maumere, NTTOnlinenow.com – Bertempat di Pengadilan Agama Maumere, Kabupaten Sikka, pekan lalu telah dilakukan Penandatanganan Kontrak Kerjasama antara Pengadilan Agama Maumere dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) SURYA NTT tentang Layanan Pemberian Jasa Bantuan Tahun Anggaran 2020.

Penandatangan kontrak kerjasama ini lakukan oleh Pejabat Pembuat Komitmen Pengadilan Agama Maumere, Abdullah, SH., MH., dan Ketua LBH Surya NTT, E. Nita Juwita, SH., MH dengan mengetahui Kuasa Pengguna Anggaran Pengadilan Agama Maumere, Rakimin Syarif, S.Ag.

Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Agama Maumere, Acep Sugiri, S.Ag., M.Ag., mengucapkan terimakasih kepada LBH Surya NTT atas partisipasinya didalam pelaksanaan program Mahkamah Agung dalam melayani masyarakat tidak mampu di Pengadilan Agama Maumere sebagimana terdapat dalam Perma No.1 tahun 2014 tentang pedoman layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu di Pengadilan.

Dalam Perma itu dikatakan ada 3 sasaran yakni yang pertama pembebasan biaya perkara, layanan Posbakum dan yang ketiga layanan sidang di luar gedung.

” Tiga sasaran ini sudah berjalan dengan baik termasuk layanan Posbakum dimana untuk pertama kalinya PA Maumere bekerjasam dengan LBH Surya NTT,” ujar Acep.

Mudah-mudahan kerja sama ini berjalan dengan baik dalam rangka melayani masyarakat tidak mampu khususnya di PA Maumere.

Selanjutnya setelah kontrak MoU ini ditandatangani, kami berharap kerjasama ini berjalan dengan baik selain itu juga kami berharap kepada LBH Surya NTT agar dapat memberikan pelayanan yang profesional dan maksimal.

“Jadi, misalnya dalam perjalanan menemukan kendala, silahkan dikomunikasikan dengan kami,” kata Ketua PA Maumere.

Lanjutnya, kami sudah menyediakan ruangan Posbakum. Jadi nanti jadwalnya dilihat agar layanan yang diberikan maksimal.

Sedangkan dalam sambutannya, Ketua LBH Surya NTT, E Nita Juwita, SH;MH mengucapkan terimakasih kepada PA Maumere atas kepercayaannya kepada LBH Surya NTT sebagai mitra dalam hal pelayanan konsultasi jasa bantuan hukum bagi masyarakat tidak mampu di PA Maumere.

“Kami tidak akan mudah untuk bisa bekerjasama kecuali jika kami menjaga kepercayaan tersebut,” ungkap Nita.

Kami berharap, semoga kerjasama ini terus berlanjut bukan hanya tahun ini tapi tahun-tahun akan datang PA Maumere bisa memberikan kepercayaan kepada LBH Surya NTT.

Untuk itu kepada rekan-rekan kami yang ada di Maumere baik para Advokat maupun Paralegal bisa bekerjasa sama dan bersinergi dengan PA Maumere.

“Jadi tolong jaga kepercayaan yang telah diberikan oleh PA Maumere,” pesan Nita.

Sementara itu, Pendiri sekaligus Pengawas LBH Surya NTT, Herry F.F Battileo, SH;MH mengatakan sangat berterima kasih kepada yang mulia Ketua dan Hakim serta Pejabat PA Maumere atas kerja samanya.

“Saya juga ingatkan untuk Advokat dan
Paralegal yang bertugas untuk lebih sungguh membantu masyarakat secara gratis dan membantu dengan ketulusan,” pesannya.

Pantauan media ini, turut hadir dalam acara penandatangan tersebut, dari LBH Surya NTT yakni Pendiri sekaligus Pengawas LBH Surya NTT, Herry F.F. Batilleo, S.H., M.H., Ketua LBH Surya NTT, E. Nita Juwita, S.H., M.H., Ketua LBH Surya NTT Perwakilan Maumere, Laurensius Sesu Welling, S.H., Wakil Ketua Fitalis Keko S.H., Sekretaris San Fransisco Sondy, S.H.,M.H., Bendahara Poli Karpus Raga, S.H., Para Advokat Pada LBH Surya NTT Perwakilan Maumere serta Paralegal LBH Surya NTT Perwakilan Maumere, Darman Eldin S.H., M.H., Danar Aswim, S.H. M.H., dan Agustina Anita E. Kota, S.H.

Sedangkan dari PA Maumere turut hadir dalam MoU tersebut diantaranya Ketua PA Maumere, Acep Sugiri, S.Ag., M.Ag, Wakil Ketua PA Maumere, Suratnah Bao, S.Ag., M.H, Sekertaris, Rakimin Syarif, S.Ag, Panitera PA, Drs. Yacub, M.H, Panmud Hukum, Abdullah, S.H., M.H, Panmud Gugata, Yuhermi Natar, BA, Panitera pengganti, Sigit Apriluberta, S.H dan Kasubag Kepegawaian & Ortala, Tomi Pramana Putra, S.H.