Peringati Bulan K3 PLN UP3 Sumba Adakan Donor Darah

Bagikan Artikel ini

Setitik darah sejuta harapan Untuk Sumba
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Peringati bulan Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sumba bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Waingapu mengadakan kegiatan sosial Donor Darah yang bertempat kantor PLN UP3 Sumba pada hari Jumat tanggal 24 januari 2020.

Pada kesempatan itu Manager PLN UP3 Sumba, Made Hary Palguna mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian sosial dan kemanusiaan dari PLN serta setiap orang yang terlibat. “Betapa bahagianya ketika kita dapat memberi sesuatu yang terbaik bagi sejuta harapan bagi orang lain dan kita perlu pahami juga bahwa apa yang kita berikan adalah anugerah dari Tuhan yang kita dapat dengan cuma-cuma sehingga kita berikan juga dengan senang hati,” ungkap Made.

Senada dengan hal tersebut, Pejabat K3L PLN UP3 Sumba Irawan mengatakan,” Kegiatan donor darah dilakukan dalam rangka bulan K3 Nasional, tujuannya membantu permasalahan Palang Merah Indonesia (PMI) dalam menyediakan pasokan stock darah untuk orang yang membutuhkan. Kegiatan ini rutin setiap tahun bisa sampai 3 atau 4 kali kami lakukan dalam hal ini PT PLN (Persero) UP3 Sumba bekerja sama dengan PMI cabang Waingapu juga ingin menambah database pendonor sukarela yang kiranya sewaktu-waktu dapat dihubungi kala ada yang membutuhkan bantuan serta untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya berbagi dengan sesama saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan bantuan.

Pada kesempatan yang sama dr. Maria Y Mau Hera, Sp.PK, M.Erg Selaku Kepala Unit Transfusi darah RSUD Umbu Rara Meha Waingapu menyampaikan, “Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk membantu pemenuhan kebutuhan darah di Sumba Timur dan PLN sangat Komit untuk kegiatan donor darah karena selalu diadakan rutin, semoga kegiatan seperti ini dapat dilakukan oleh instansi-instansi lain juga seperti instansi pemerintah dan BUMN-BUMN lain dan seluruh lapisan masyarakat,” ungkapnya

Lanjutnya, “Kebutuhan darah untuk kabupaten Sumba Timur kurang lebih 4.000 katong darah pertahun, seperti tahun lalu 2019 kebutuhan darah sekitar 3.000 lebih karena ada Kejadian Luar Biasa (KLB) Demam Berdarah, untuk memenuhi itu hanya sekitar sepuluh persen saja yang lewat donor darah sukarela seperti ini sedangkan sisa dari keluarga Pasien yang datang dalam keadaan panik karena keluarga sakit, kasihan mereka lagi yang harus kita tekan untuk donor, tapi mau bilang apalagi karena kita tidak ada stock darah. Tambah dr Maria.

Sementara itu seorang Tokoh Masyarakat sekaligus Tokoh agama yang juga adalah salah seorang yang terlibat dalam mendonorkan darahnya dalam kegiatan ini Pdt Aprianus Meta Djangga Uma, S.Si.Teol, M.Pd. Ketua BPMJ Gereja Kristen Sumba Jemaat Manubara ketika dimintai tanggapan mengatakan, “Luar biasa PLN menjadi sebuah komunitas yang peduli terhadap pergumulan kesehatan terlebih kepada pergumulan kemanusiaan. Satu tetes berharga dan memberikan kebaikan bagi yg lain. Harapannya ke depan, anggota keluarga dari sobat-sobat PLN dilibatkan dalam program ini sehingga semua insan PLN benar-benar menjadi komunitas dan keluarga yang peduli terhadap sesama”.pungkas pdt Aprianus

Hadir dalam kesempatan momen mendonorkan darah antara lain karyawan-karyawati PLN Sumba, Tokoh Masyrakat, Tokoh Agama, Anggota Polri dan masyarakat umum.