Jajaran Sekretariat KPU Harus Miliki Sikap Sensitif

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Semua jajaran aparatur sipil negara (ASN) yang bekerja di sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus memiliki sikap sentisitif dan responsif terhadap tantangan baru, baik yang berasal dari internal KPU maupun dari luar.

Sekretaris KPU NTT, Ubaldus Gogi sampaikan ini ketika melantik Sekretaris KPU Ngada dan Lembata di aula KPU NTT, Jumat (24/1/2020). Saat itu dilantik juga sejumlah pejabat administrator dan pejabat pengawas lingkup sekretariat KPU Ngada, Lembata, Manggarai, Sabu Raijua, Flores Timur, Sumba Barat dan Malaka.

Dua pejabat yang dilantik itu yakni Jermia Elia David Lause sebagai Sekretaris KPU Lembata dan Aryans Terra Fani sebagai Sekretaris KPU Ngada.

Ubaldus Gogi menyampaikan, KPU sedang disoroti terkait kasus tangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap salah seorang komisioner KPU RI. Karena itu, dalam menjalankan pemilu harus berlandaskan antara lain berasaskan jujur, adil, hukum, keterbukaan, akuntabilitas, efisien, dan efektif.

“Tentunya, dalam menjalankan membutuhkan perjuangan dan kerja bersama,” kata Gogi.

Ia mengungkapkan, dalam menjalankan tugas, tentunya dibutuhkan sejumlah aspek agar penyelenggaraan pemilu bisa sukses. Untuk itu, penataan personil dan pendanaan serta aspek lain harus dipersiapkan dengan baik.

Pada kesempatan itu ia mengharapkan jajaran KPU untuk menjaga dan mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin, dan komitmen. Harus tetap menjaga netralitas sebagai ASN. Memiliki jiwa dan semangat untuk mewujudkan pemerintahan yang baik.

“Saya ingatkan agar tindakan yang melanggar integritas harus dihindari. Harus jaga kepercayaan publik dan amanah yang diberikan,” pinta Gogi. (ntt-lr)