Serapan Anggaran Belu 2019, Dinas PUPR Tertinggi Capai 99 Persen

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Bupati Belu, Willybrodus Lay dan Wakil Bupati Belu, J T Ose Luan melakukan evaluasi penyerapan anggaran tahun 2019 pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup pemkab Belu.

Kegiatan evaluasi tersebut berlangsung di aula lantai I Kantor Bupati Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL, Rabu (15/1/2020).

Adapun hasil dalam evaluasi itu rata-rata prosentasenya di bawah 90 persen. Kecuali Dinas PUPR yang mencapai 99 persen. Begitupun Dinas PMD yang mencapai 97-98 persen.

Menurut Lay, realisasi penyerapan anggaran di semua OPD ada yang mencapai 99 persen. Namun demikian masih banyak yang dibawah 90 persen.

“Dari laporan masing-masing OPD, Dinas PUPR 99 persen. Dan Dinas PMD yang mencapai 97-98 persen. Dinas lain masih dibawah 90 persen,” sebut dia kepada media usai kegiatan evaluasi.

Lanjut Lay, masih adanya penyerapan anggaran beberapa OPD dibawah 90 persen dikarenakan masalah teknis seperti perencanaan dan tidak terlaksananya program kegiatan.

“Ini perlu koordinasi antara OPD dan perencanaannya juga harus direncanakan dengan baik supaya tidak ada masalah lagi,” ujar dia.

Terkait hal itu, Lay tegaskan kepada seluruh OPD agar memaksimalkan penyerapan anggaran tahun 2020 sehingga bisa mencapai 90 persen ke atas.

Selain itu dihimbau kepada berapa OPD yang mengelola dana DAK untuk memperhatikan juknis yang ada sehingga tidak menghambat proses transfer. Sebab dana itu dapat ditransfer sesuai dengan progress fisik pekerjaan.