Imigrasi Jemput WNA Asal Aljazair Yang Terdampar di Pantai Selatan, Kabupaten Malaka

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Pihak Imigrasi Kelas II TPI Atambua menjemput Warga Negara Asing (WNA) diduga berasal dari Negara Aljazair bernama Abdul Rahman yang dirawat di RSUPP Kabupaten Malaka.

Dikatakan, petugas Imigrasi Atambua sudah berangkat ke Malaka hari ini untuk menjemput yang bersangkutan dan dibawa ke Atambua guna penyelidikan lebih lanjut.

“Langkah kita hari ini menjemput yang bersangkutan ke Kanim untuk dimintai keterangan dan pemeriksaan dokumen serta visa nya,” ujar Kepala Imigrasi Atambua, Answar Anas, Senin (13/1/2020) via handphone.

Dijelaskan, terkait keberadaan WNA yang diinformasikan berasal dari Aljazair yang ditemukan oleh nelayan di Malaka, Minggu (12/1/2020) kemarin telah diketahui pihaknya dan telah ditangani petugas Imigrasi.

“Kita belum bisa membenarkan kalau dia warga negara Aljazair. Karena itu kita harus periksa semua dokumen terkait identitasnya, dan hari ini petugas sudah ke Malaka untuk menjemputnya,” jelas Answar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun media di lapangan, WNA asal Aljazair itu pertama kali ditemukan oleh sejumlah nelayan asal Desa Kletek, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka wilayah Timor Barat.

Warga asing tersebut ditemukan nelayan saat terdampar di pantai Motadik, Desa Kletek (pantai selatan) wilayah perbatasan laut Negara Indonesi dengan negara Timor Leste dan Australia pada Minggu (12/1/2020) kemarin.

Diketahui, yang bersangkutan nekat berenang mneyeberangi laut Susi dengan tujuan ke Australia. Namun karena kondisi ditengah laut yang tidak memungkinkan lanjut berenang terpaksa dirinya memilih bergeser ke pantai Motadik dan ditolong warga.

Terpisah Kepala RSUPP Malaka, dr. Oktelin yang dikonfirmasi media terkait kondisi WNA asal Aljazair yang dirawat di pihak rumah sakit menuturkan bahwa, kondisi yang bersangkutan sudah membaik. “Sudah bisa pulang, tinggal menunggu dijemput oleh Pihak Imigrasi Atambua,” ujar dr. Oktelin.