BMKG; Tinggi Gelombang Hingga 2,5 Meter Masih Berpeluang di Selat Sumba

Bagikan Artikel ini

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan, tinggi gelombang 1,25 meter hingga 2,5 meter masih berpeluang terjadi di Selat Sumba bagian barat, laut Sawu, Samudera Hindia selatan Kupang dan Rote.

Menurut BMKG, kondisi tersebut juga diperkirakan terjadi di Selat Sape bagian selatan, Selat Ombai, Perairan utara dan selatan Kupang dan Rote sedangkan tinggi gelombang 2,5 hingga 4,0 meter berpeluang terjadi di Samudera Hindia selatan, Sumba dan Sabu.

Terjadinya tinggi gelombang terdapat tekanan rendah 997 hPa dilaut Arafuru bagian timur, pola angin diwilayah Indonesia bagian utara, timur laut dengan kecepatan 5 – 25 knot sedangkan diwilayah selatan Indonesia dan barat laut dengan kecepatan 5 – 30 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau diperairan barat Kepulauan Nias hingga kepulauan Mentawai dan laut Jawa maka kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang disekitar wilayah tersebut.

BMKG menghimbau, kepada perusahan jasa pelayaran agar perhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran seperti Perahu nelayan, Kapal Ferry, Kapal Tongkang, Kapal Cargo ata Kapal pesiar.

BMKG juga menghimbau kepada masyarakat yang tinggal dan beraktifitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadinya gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.