PAD Kota Kupang Tahun 2019 Sudah Capai 99,67 Persen

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Badan Keuangan dan Aset Daerah Kota Kupang mencatat, target capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Kupang tahun 2019 sudah mencapai 99,67 persen, dari total target yang ditetapkan sebesar Rp 191 Miliar.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kota Kupang, dr Ari Wijana mengatakan, target capaian PAD Kota Kupang tahun 2019 telah dikebut sampai akhir Desember lalu dan diperkirakan target telah terpenuhi.

“Sebelum libur kemarin, tim dari Badan Keuangan dan Aset Daerah turunkan tim selama dua hari melakukan operasi gabungan akhir tahun, turun langsung di tempat-tempat hiburan, hotel dan lainnya untuk mengecek pembayaran pajak,” katanya.

Ari Wijana menjelaskan, jika ada yang menunggak pajak, maka akan dikenakan denda dua persen, maka sebaiknya wajib pajak membayarkan pajaknya tepat waktu agar jangan sampai terkena denda.

“Kami dari tim badan keuangan bersama Satuan Polisi Pamong Praja, bagian hukum dan jajaran lainnya, turun untuk mengecek langsung, jika ada yang menunggak kami langsung sarankan untuk membayar,” ujarnya.

Sebenarnya, kata Ari, ada banyak wajib pajak yang rajin membayarkan pajaknya, namun karena kurang tertib administrasi sehingga belum dilakukan pembayaran pajak secara rutin.

Misalnya, ada yang membayar pajak bulan September, Oktober, dan Desember, sementara bulan November belum bayar, ini karena kurangnya ketertiban dalam administrasi sehingga perlu dibenahi lagi.

dr Ari Wijana, mengatakan, untuk mengejar target PAD, maka Badan Keuangan sementara melakukan intensifikasi langsung.

“Jadi petugas semua yang ada di Badan Keuangan semuanya turun untuk menagih pajak daerah, diharapkan dalam kurun waktu sisa dua bulan ini, maka dapat terkejar,” kata Ari Wijana.

Dia berharap agar di akhir masa tahun anggaran dapat mencapai 100 persen. Pasalnya capaian PAD tahun 2019 akan menjadi evaluasi atau tolak ukur untuk tahun 2020.

“Tahun 2020 mendatang juga kami akan berupaya untuk melihat setiap potensi yang ada, sebagai sumber PAD, kita akan lihat dan kaji bagaimana cara untuk meningkatkan PAD Kota Kupang, itu target kita kedepannya,” katanya.

Dia mengaku, target PAD tahun untuk tahun 2020 kembali dinaikan mencapai Rp 200 miliar. Jumlah tersebut naik sebesar Rp. 9 miliar jika dibandingkan target PAD tahun 2019 sebesar Rp. 191 Miliar. (ntt-ym)