Kadin Manggarai Selenggarakan Mukablub, Niko Matheus Mansjur terpilih Sebagai Ketua

Bagikan Artikel ini

Laporan Alvaro S. Marthin
Ruteng, NTTOnlinenow.com – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyelenggarakan Musyawarah Kabupaten Luar Biasa (Mukablub), Kamis, 12 Desember 2019 di Ruteng.

Mukablub itu dihadiri oleh sedikitnya 123 orang anggota Kadin Manggarai dari total 150 orang anggota. Hasilnya, Niko Mateus Mansur, SmHK terpilih sebagai ketua secara aklamasi.

Ketua Formatur, Paulus Habur, SH, kepada wartawan mengungkapkan, Mukablub dibuat karena faktanya, Kadin Manggarai periode 2016-2021 terjadi stagnan.

Oleh karena itulah, maka, Kadin Provinsi NTT melakukan langkah-langkah penyelamatan roda organisasi dengan memberi mandate kepada, Niko Matheus Mansjur, SmHK pada surat mandate, Nomor 002/ Mandat/ Kadin-NTT/ I / 2019, tertanggal 25 Januari 2019.

Mandatoir kemudian membentuk panitia untuk diadakannya Mukablub yang dilaksanakan pada hari ini, Kamis 12 Desember 2019 di kantor Kadin Manggarai. Hasil Mukablub adalah mencabut Mandatoir dari Provinsi dan secara aklamasi mengangkat, Niko Mateus Mansjur, SmHK sebagai Ketua Kadin Kabupaten Manggarai, untuk melaksanakan sisa masa kepengurusan Kadin 2016-2021. Dan Mukablub juga telah melahirkan keputusan-keputusan strategis, tegas Paulus Habur.

Dari konteks fakta yang ada selama ini, lanjut Habur, Kadin Manggarai sebagai agen pembangunan, diharapkan kedepannya akan terus berkibar dibawah nahkodanya, Niko Mateus Mansjur.

Sementara itu, Ketua terpilih, Niko Mateus Mansur, SmHK berjanji dengan terpilihnya Ia sebagai Ketua Kadin Manggarai untuk sisa masa jabatan 2016-2021, siap melaksanakan tugasnya dengan baik dan bekerja keras, serta bersinergi bersama pemerintah Daerah dalam meningkatkan perekonomian Masyarakat Manggarai.

“Dengan kepercayaan ini, maka saya akan melaksanakan tugas sisa masa bhakti saya 2016-2021 ini dan saya akan bekerja keras dan bersinergi dengan Pemerintah daerah dalam meningkatkan perekonomian di Kabupaten Manggarai. Harapan saya, kiranya para pengurus, dewan pengurus Kadin Kabupaten Manggarai serta para pelaku usaha bekerjasama dengan saya untuk mengisi pembangunan di kabupaten Manggarai agar kehadiran Kadin ini lebih bermanfaat bagi daerah ini,” pungkas Mansur.

Dia mengaku memiliki Misi, yaitu bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam membangun Manggarai.

“Misi saya adalah bagaimana kita bersinergi dengan pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan ini. Karena Kadin tidak bisa berjalan sendiri tanpa bersinergi dengan pemerintah daerah,” tandasnya.

Sembari meminta dukungan dari para pengurus Kadin yang ada, Mansur juga mengajak seluruh awak media di daerah itu untuk bekerja sama, mengontrol kinerja Kadin melalui pemberitaan-pemberitaan dimedianya masing-masing.

“Saya juga mengajak rekan-rekan media untuk tetap bekerjasama dengan pengurus Kadin Manggarai, bisa mengangkat, memberitakan apa saja yang kami kerjakan untuk kepentingan daerah ini. Dan memiminta kepada para pengurus untuk bekerja sama demi terwujutnya visi-misi organisasi membangunan Manggarai,” ajak Ketua Kadin Manggarai itu.

Ketua Panitia, Karolus Rudiyanto, menyebutkan sejumlah agenda Mukablub, diantaranya, perumusan program kerja untuk pengurusan Kadin yang baru. Pembentukan formatur yang akan membekap ketua terpilih untuk menyusun komposisi kepengurusan Kadin Manggarai untuk direkomendasikan dan di SK kan oleh Kadin Provinsi NTT, sehingga dalam waktu dekat kepengurusan yang baru hasil Mukablub dibawah kepemimpinan, Niko Mateus Mansur dan Ketua Formatur, Paulus Habur bersama 9 (Sembilan) orang tim akan segera dilakukan legalitas atau pelantikan.